Angkas, Ojek Online Filipina Solusi Kemacetan Saat SEA Games 2019

Angkas, sebuah ojek online di Manila, Filipina, yang mengantar Bola.com saat meliput SEA Games 2019. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Manila yang merupakan Ibu Kota Filipina dikenal dengan kemacetan yang parah, tak terkecuali saat SEA Games 2019. Namun, jangan khawatir karena ada Angkas, ojek online yang bisa diandalkan untuk memecah kemacetan di Filipina.

Kemacetan selalu menjadi masalah utama ibu kota di seluruh dunia. Manila contohnya yang melekat dengan kota kemacetan.

Penyebab kemacetan di Manila tak terlepas dari lanskap kota yang dipenuhi blok. Hal itu menyebabkan banyaknya persimpangan dan lampu merah sehingga membuat kecepatan kendaraan menjadi berkurang.

Permasalahan kemacetan di Manila sudah dikhawatirkan sebelum pembukaan SEA Games 2019. Apalagi jarak antarvenue yang cukup jauh.

Namun, Anda bisa mengandalkan Angkas, perusahaan transportasi online yang berada di Filipina. Sama seperti di Indonesia, transportasi ini menggunakan kendaraan roda dua yang siap mengantarkan ke tujuan.

Bola.com mencoba Angkas dari daerah Malate ke Makati yang berjarak 5,8 km pada Rabu (4/12/2019). Biasanya, dengan menggunakan kendaraan roda empat dibutuhkan waktu sampai 45 menit untuk sampai ke tujuan.

Namun, menggunakan ojek online Angkas Anda hanya membutuhkan waktu selama 20 menit. Ongkos yang dikeluarkan juga cukup terjangkau yakni 89 peso atau setara Rp24 ribu.

“Pengemudi Angkas di Manila mencapai 2.000 orang. Kami menjadi pilihan masyarakat yang ingin mengejar waktu daripada terlalu lama menghabiskan waktu untuk kemacetan,” kata Jerille Colinco Largado, pengemudi Angkas.

Jerille mengaku menjadi pengemudi Angkas adalah pekerjaan tetapnya. Pria berusia 23 tahun itu biasanya memiliki durasi kerja untuk mencari nafkah.

“Pekerjaan tetap saya adalah pengemudi Angkas. Dengan jarak yang biasanya tidak jauh, saya biasanya keluar pada siang hari dan pulang menjelang malam. Lumayan sehari bisa mendapatkan hampir 2.000 peso,” ujar Jerille mengenai pendapatan hariannya yang berkisar di Rp533 ribu jika dikonversi.

Angkas bisa menjadi andalan buat Anda yang sedang berada di Filipina. Menggunakan ojek online ini, Anda tidak perlu khawatir terjebak kemacetan untuk berpindah venue menonton pertandingan SEA Games 2019.

(bola.com/transonlinewatch)

Loading...