Menggagas Gerakan Cuci Tangan, Wuri Hartomo Diapresiasi Gojek

Driver Jempolan, Mbah Wuri, saat menerima penghargaan berupa atribut driver Gojek dari Vietnam dan Thailand yang sekaligus menjadi simbol integrasi Gojek di 4 negara Asia Tenggara. Foto: Gojek

Merebaknya pandemi COVID-19 yang berimbas pada perekonomian, tak lantas membuat driver ojek online (ojol) di Kota Malang berkecil hati. Seperti dilakukan Mitra Driver Gojek, Wuri Hartomo (51). Di tengah keterbatasannya, dia justru terlibat aktif dalam sosialisasi gerakan disiplin protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada warga.

Di tengah orderan yang melesu, pria yang akrab disapa Mbah Wuri ini menggagas kampanye gerakan cuci tangan dengan terjun langsung ke rumah-rumah warga.

Tajuk gerakannya pun unik dalam Bahasa Malangan yakni Ublem Hamur? Wisuh Gawe Sabun Lur!. Artinya, mau masuk rumah? Cuci tangan pakai sabun dulu, Lur!. Lur disini diambil dari kata dulur yang berarti saudara.

Gerakan Ublem Hamur? Wisuh Gawe Sabun Lur!. Foto: Gojek

Selain itu, dia juga sukses menggandeng rekan mitra driver ojol lintas aplikator di Kota Malang terlibat dalam gerakan kemanusiaan ini.

Dengan sabar, mereka keliling masuk kampung membagikan sabun cuci tangan gratis sekaligus memberi edukasi bagaimana mencegah penularan virus dari hal kecil.

Baca Juga :  Waduh! Akibat Pandemi, Lebih dari 50 Pilot jadi Kurir Makanan dan Driver Ojol

”Kita memang gak bisa hanya berdiam diri di rumah terus-terusan. Tapi harus tetep waspada karena bisa saja kita pulang membawa penyakit. Kuncinya simpel saja, pakai masker dan cuci tangan. Nah, kami ingin kesadaran ini tumbuh dari bawah melalui gerakan ini,” ungkap Mbah Wuri, pada Kamis (20/8/2020).

Mbah Wuri (depan) saat beraktivitas mengantre di salah satu gerai Go Food di Malang. Foto: Ulul Azmy

Gerakan ini dilakukan sejak April 2020 lalu, di saat laju penyebaran virus sedang genting-gentingnya. Total hingga saat ini, sudah ada sekitar 3 ribu rumah yang tersebar di 5 kelurahan di Kota Malang yang menjadi sasaran edukasinya.

Usai membagikan sabun, mereka juga menempeli tiap rumah dengan stiker imbauan cuci tangan sebagai pengingat.

”Ini semua juga berkat hasil donasi dari rekan-rekan mitra driver ojol di jalan yang berhasil dikumpulkan. Sebagai bentuk kepedulian dari mitra driver untuk bahu membahu menjaga diri dan keluarga agar selamat dari pandemi,” ujarnya.

Kegiatan ini, kata Mbah Wuri, semata-mata berdasar atas keprihatinan akan terdampaknya pendapatan mitra ojol sejak pandemi merebak.

Baca Juga :  Kapolres Jember Himbau Transportasi Online dan Konvensional Menjaga Kondusivitas

Ditambah, saat itu banyak anggapan negatif dari masyarakat terhadap para ojol yang rentan menjadi pembawa penyakit alias carrier.

”Padahal, kami di lapangan juga tetap waspada dan saling jaga kesehatan. Saat ngantar orderan pun kami juga patuh protokol kesehatan,” tukas pria kelahiran Surabaya ini.

Berangkat dari hal tersebut, gerakan ini terlahir untuk menghapus stigma negatif masyarakat. Ini juga sebagai apresiasi kepada mitra ojol atas pengorbanannya menempuh resiko tinggi tertular demi melayani kebutuhan customer.

”Sama-sama membantu dan bangkit bareng. Kita dapat rejeki, customer juga puas. Dan yang penting semua sama-sama sehat,” katanya.

Atas peran terpujinya ini, Gojek memberikan apresiasi penuh kepada Mbah Wuri dengan memberikan predikat Driver Jempolan Pahlawan COVID-19.

Selain itu, Gojek juga memberikan paket sembako dan jaket dari GoViet (Mitra Gojek di Thailand) dan segenap atribut pendukung kerja mitra lainnya.

Baca Juga :  Cerita Ojol di Mataram Sepi Orderan, Diduga Ini Penyebabnya

Head Regional Corporate Affairs Gojek wilayah Jatim & Bali Nusra, Alfianto Domy Aji, mengungkapkan keberadaan mitra driver seperti Mbah Wuri menjadi inspirasi untuk terus memelihara aktivitas positif dalam ekosistem Gojek di tanah air.

Domy mengaku bangga atas inisiatif kepedulian yang dilakukan oleh mitra Gojek dengan tulus.

Menurutnya, aksi kepedulian mereka benar-benar mencerminkan semangat Merdeka Penuh Karya, meski berada di situasi yang serba terbatas. Mereka telah membuktikan nilai-nilai yang sejalan dengan Gojek yaitu semangat gotong royong dan kebersamaan.

”Aksi mereka ini juga selaras dengan visi Indonesia Maju untuk menjadikan Indonesia sebagai tempat yang nyaman untuk dihuni bersama dengan seluruh warga negaranya. Kami menjadikan dedikasi mitra kami tersebut sebagai inspirasi untuk terus maju dan memberikan dukungan terbaik agar mereka dapat terus berkontribusi ke masyarakat,” ungkapnya.

Dari dedikasi para mitra ini, menjadi inspirasi Gojek untuk terus semangat memberikan pelayanan terbaik.

(TOW)

Loading...