Gosend dan Tokopedia, Kolaborasi Anak Bangsa Dukung Kesejahteraan Mitra Driver

GoTo (Foto: Dokumentasi GoTo)

Pandemi Covid-19 memacu perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat yang bergeser pada e-commerce. Sejalan dengan tren itu, bisnis layanan logistik pun berkembang. Kolaborasi anak bangsa antara GoSend dan Tokopedia menjadi GoTo turut memperkuat tren logistik e-commerce di Tanah Air.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 menyebutkan, kemajuan teknologi informasi telah mendorong tumbuhnya usaha berbasis digital (e-commerce). Menurut survei BPS tersebut, lebih dari separuh pelaku usaha e-commerce yang kebanyakan non-formal memilih pengiriman langsung ke pembeli sebagai metode pengiriman yang paling sering digunakan.

Dalam kondisi tersebut, langkah kolaborasi Gojek dan Tokopedia yang bersatu menjadi GoTo dapat mendorong kemajuan dan menjadi ekosistem andalan masyarakat dalam menjalani keseharian, sekaligus menciptakan peluang baru bagi siapa pun melalui berbagai solusi.

Head of Business Logistics Gojek Group Steven Halim mengatakan, kolaborasi ini merupakan persembahan kepada jutaan pelanggan Tokopedia dan Gojek dan wujud komitmen GoTo untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menciptakan peluang bisnis kepada para pelaku usaha di Indonesia, khususnya para mitra pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kolaborasi ini juga sekaligus menambah peluang penghasilan tambahan bagi mitra driver lewat peningkatan jumlah order dalam penggunaan layanan GoSend  melalui penawaran khusus pengiriman barang bagi konsumen yang berbelanja di Tokopedia,” ujar Steven.

Pertumbuhan positif

Sejak awal pandemi pada 2020 yang disusul dengan bergesernya perilaku di masyarakat dari offline ke online, GoSend yang merupakan layanan logistik dari ekosistem Gojek mencatatkan pertumbuhan yang positif.

Baca Juga :  Peluang Besar, Gojek Ingin 9 Startup Besutannya Fokus Garap Ritel

Menyambut kuartal I 2021, layanan logistik Gojek yang terdiri atas GoSend Instant, GoSend Sameday, GoSend Intercity, GoSend Portal, GoBox, dan GoShop kembali mencatat pertumbuhan logistik e-commerce sebesar 33 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

GoSend Instan, layanan pengiriman cepat dalam 1–2 jam, tercatat menjadi layanan terfavorit bagi pengguna. Saat ini, volume permintaan layanan logistik Gojek melalui para partner e-commerce adalah sebesar 30 persen dari total.

GoSend sendiri menguatkan lebih banyak kemitraan dengan para pelaku e-commerce, termasuk Tokopedia, sebagai salah satu penyedia layanan e-commerce terbesar di Indonesia.

Selama Ramadan kemarin, GoSend berkolaborasi dengan Tokopedia untuk memudahkan pengiriman parsel Ramadan agar masyarakat dapat tetap membangun hubungan erat dan bermakna di tengah imbauan menjaga jarak di tengah pandemi. Kedua perusahaan juga bekerja sama untuk menghadirkan ragam penawaran menarik untuk pengiriman dalam Hari Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan pada 5 Mei lalu.

Kolaborasi Anak Bangsa tersebut merupakan kelanjutan dari kolaborasi yang selama ini telah berlangsung antara Gojek dan Tokopedia. Kolaborasi ini mencatat kesuksesan, yang tercermin dari peningkatan penggunaan layanan GoSend di Tokopedia sebesar 42 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ke depan, layanan logistik akan terus menjadi salah satu prioritas utama bagi Gojek dalam mempermudah keseharian para pengguna dengan menghadirkan solusi pengiriman barang yang cepat, mudah, dan aman. Salah satunya juga beberapa inovasi fitur aplikasi yang diluncurkan oleh GoSend untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja mitra drive dan kemudahan pengguna seperti sharing live tracking, unggah bukti penjemputan dan pengiriman serta perbaikan dalam proses pembatalan order.

Baca Juga :  Dukung Gerakan BUBOS, Gojek Ikut Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

Dukung kesejahteraan mitra driver

Kami akan terus berkomitmen melalui inovasi dan kolaborasi berkelanjutan dalam memberikan solusi kemudahan layanan pengiriman bagi para UMKM dan pengguna, serta menambah peluang penghasilan tambahan bagi mitra driver.” ujar Steven.

Salah satunya, ia mencontohkan, dalam menyambut kolaborasi, GoSend turut memberikan apresiasi bulanan yaitu program Mitra Teladan yang mendukung kinerja driver, seperti voucher sembako, smartphone secara bulanan, dan hadiah puncak sepeda motor bagi para mitra GoSend Sameday dengan kinerja terbaik.

Sebagai technology enabler, kami terus berupaya mengusahakan para mitra memiliki pendapatan berkesinambungan lewat berbagai cara, dan ini termasuk bagaimana kami berupaya untuk membantu para mitra mengelola keuangan dengan meringankan pengeluaran, memberikan perlindungan bagi dirinya dan keluarga, serta merencanakan keuangan melalui program Gojek Swadaya,” tutur Steven.

Fokus utama Gojek adalah memberdayakan para pekerja sektor informal di Indonesia, termasuk di dalamnya adalah mitra driver kami.

Baca Juga :  Dorong Perubahan Sosial, GoJek Bentuk Yayasan Dari Urunan Karyawan

Kami selalu selalu mendorong para mitra driver untuk memanfaatkan fleksibilitas yang tinggi atas pekerjaannya, dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mereka untuk memperoleh tambahan pendapatan serta mengurangi beban pengeluaran sehari-hari melalui program kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan baik oleh mitra maupun keluarga,” ungkap Steven.

Terkait hal itu, Gojek menyediakan berbagai dukungan bagi kesejahteraan mitra driver melalui Program Swadaya. Salah satu tujuan Program Swadaya adalah menunjang kebutuhan mitra, sekaligus membantu menekan pengeluaran biaya operasional sehari-hari mitra.

Manfaat yang diberikan dalam program Gojek Swadaya mencakup hal-hal yang dapat meringankan biaya operasional mitra sehari-hari seperti paket pulsa dengan harga khusus, voucher bahan bakar, maupun voucher belanja kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, Gojek tetap dan terus memberikan perlindungan bagi seluruh mitra driver termasuk program asuransi perjalanan, jaminan sosial yang menggandeng BPJS Ketenagakerjaan, fitur tombol darurat, layanan pertolongan pertama 24 jam bagi kondisi gawat darurat serta santunan kepada mitra yang mengalami kecelakaan baik dalam kegiatan pengiriman maupun tidak.

Terkait pandemi, sebagai penyedia layanan di garda terdepan urat nadi logistik nasional yang menjadi penyedia layanan transportasi serta pengiriman barang dan makanan sehari-hari bagi masyarakat, mitra driver Gojek turut mendapatkan vaksinasi agar semakin aman dalam bekerja. 

(TOW)

Artikel ini telah tayang di Kompas.id

Loading...