Unilever dan Gojek Bekerja Sama Tingkatkan Taraf Hidup Konsumen dan Jutaan Pelaku UMKM

Perkuat J3K, Gojek menyediakan hand sanitizer di puluhan ribu GoCar [ANTARA/HO].

Sebagai sektor penopang perekonomian Indonesia, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus didorong untuk mampu bertahan dan tetap produktif di tengah kondisi pandemi saat ini.

Mulai dari berbagai program pemerintah, penyaluran bantuan modal usaha, pendampingan digitalisasi, hingga kolaborasi sektor swasta pun terus diluncurkan untuk mendukung pergerakan roda ekonomi dari sektor UMKM.

Dengan geliat pergerakan usaha yang dilaksanakan para pelaku UMKM, diharapkan dapat mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat.

Terbaru, untuk membantu para pelaku UMKM, pekerja informal, serta konsumen, Unilever, salah satu perusahaan fast-moving consumer goods (FMCG) terkemuka di dunia Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, mengumumkan kerja sama strategisnya. Salah satu bentuk kerja samanya adalah melalui GoToko, seperti dilansir dari Tribunnews.com.

GoToko adalah platform digital B2B yang menghubungkan para pelaku UMKM di Indonesia dengan perusahaan barang konsumen terkemuka. Dengan menggunakan GoToko, para pelaku UMKM dapat mengakses rangkaian produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap dari berbagai merek, termasuk Unilever Indonesia, dengan harga bersaing dan biaya pengiriman yang terjangkau.

Baca Juga :  Pengamat Apresiasi Kerjasama Kementan - GoJek, Efektif Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo mengungkapkan, “Dengan kemampuan memberikan akses terhadap berbagai macam rangkaian produk kebutuhan sehari-hari, serta pengalaman Unilever yang luas dalam hal bermitra dengan para peritel tradisional yang didukung teknologi dan jejak digital Gojek di Indonesia, kami yakin inisiatif ini dapat bermanfaat bagi berbagai segmen masyarakat di Indonesia dan membangun ketahanan yang lebih baik bagi perekonomian dalam berbagai situasi.”

Disamping memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 maupun di masa selanjutnya, inisiatif kolaborasi dua perusahaan besar ini menggabungkan keahlian dan nilai-nilai mereka ialah untuk berfokus menjawab kebutuhan sekitar 2,5 juta pengecer yang ada di Indonesia.

Mereka adalah pemilik warung kelontong dalam kategori underserved atau kurang terlayani, yang menghadapi sejumlah tantangan, diantaranya yaitu terbatasnya ragam produk yang mereka tawarkan, harga produk kulakan yang tidak kompetitif, minimnya dukungan promosi dari produsen, serta kurangnya layanan pengiriman yang andal dan hemat biaya.

Baca Juga :  41 Talenta Terbaik Gojek Akan jadi Mentor Bagi Ribuan Siswa Program Bangkit

“Unilever percaya pada kolaborasi yang bisa memberikan manfaat kebaikan yang lebih besar untuk banyak orang, dan kami sangat berharap bahwa nilai-nilai yang tercipta dari kerja sama ini dapat membantu UMKM di Indonesia untuk, tidak hanya bertahan tetapi, berkembang seraya kita melewati krisis ini. Kami berharap kerja sama antar pemimpin bisnis seperti yang kami lakukan akan bisa membantu kita semua bangkit menuju Indonesia yang lebih sehat, sejahtera dan maju,” ujar Presiden Direktur Unilever Indonesia Hemant Bakshi.

Program Sahabat sekolah.

Selain melalui peluncuran GoToko, Gojek dan Unilever Indonesia belum lama ini juga telah berkolaborasi dalam mendukung pemberlakuan protokol kesehatan dan kebersihan puluhan ribu mitra pengemudi dan konsumen Gojek di tengah pandemi melalui distribusi hand sanitizer Lifebuoy Skin Immunity Boosting di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Makin Mudah, Kini Masyarakat Kota Palembang Bisa Membayar PBB Pakai GoPay

Disamping itu, pada kesempatan berbeda, kedua perusahaan ini juga berkolaborasi dengan meluncurkan program Sahabat Sekolah, sebuah program pelatihan bagi ribuan siswa di Bandung Raya yang bertujuan untuk mendidik generasi muda tentang kesehatan dan keselamatan, sebagai bagian dari inisiatif Gojek, yaitu Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan (J3K).

“Dalam situasi yang berubah dengan cepat seperti sekarang ini, prioritas kami tetap sama: untuk terus memenuhi kebutuhan harian konsumen kami, dengan memastikan produk-produk berkualitas kami selalu tersedia dan mudah didapatkan. Teknologi dan keahlian Gojek akan membantu kami dalam mengoptimalkan program-program kami, termasuk kampanye pemasaran dan promosi agar lebih efektif menjangkau audiens yang tepat. Dengan demikian, masyarakat luas dapat memperoleh manfaat dari kerja sama yang saling melengkapi ini,” tutup Hemant.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi link berikut.

(TOW)

Loading...