Tewaskan Anak Pengemudi Ojol, Pengirim Sate Sianida Dihukum 16 Tahun Penjara

Pengirim sate sianida, Nani Aprilliani (25) FOTO/DOK.ANTARA

Nani Aprilliana Nurjaman (25), pelaku kasus pengiriman sate beracun yang mengakibatkan seorang anak, Fajar Faiz Prasetya (10) anak pengemudi ojek online warga Salakan Bangunharjo Sewon Bantul meninggal dunia, dijatuhi hukuman 16 tahun penjara dipotong selama masa tahanan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bantul yang diketuai Aminuddin SH beranggota Sigit Subagyo SH dan Agus Supriyana SH dalam sidang yang digelar secara daring di PN Bantul Senin (13/12).

Putusan hukuman tersebut lebih ringan 2 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bantul, Sulistiyadi SH, Meladissa Anwasari SH, Nur Hadi Yutama SH dan Ahmad Ali Fikri Pandeta SH yang dalam sidang sebelumnya menuntut 18 tahun penjara. Oleh Majelis Hakim PN Bantul, Nani Aprillia dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana.

Dalam kasus tersebut yang memberatkan pelaku karena perbuatan mengakibatkan tewasnya seorang anak. Pelaku telah merencanakan perbuatanya dengan lebih dulu browsing racun yang mematikan dan membeli 3 kali racun sianida secara online. Sedangkan yang meringankan, Nani bersikap sopan selama dalam proses persidangan.

“Yang meringankan terdakwa bersikan sopan, menyesali perbuatannya , terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa masih berusia muda dan diharapkan bisa memperbaiki kelakuannya di kemudian hari,” papar Ketua Majelis Hakim.

Selama dalam persidangan Nani didampingi ketiga penasehat hukumnya, R Anwar Ary Widodo, Fajar Mulia dan Wanda Satria Atmaja. Kasus sate beracun tersebut terjadi pada bulan Ramadan atau Mei 2021 lalu, tetapi dalam beberapa pekan kemudian pelaku berhasil diringkus Polisi dan berlanjut sampai ke persidangan.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di krjogja.com

Loading...