Terus Berinovasi, Gojek jadi Pelopor Pakai Robot Otomatis di Layanan GoFood

tempo.co

GoFood, jasa pesan-antar makanan dari Gojek menjadi pelopor pemanfaatan robot otomatis di ranah layanan pesan-antar makanan di Indonesia. Inovasi ini dilakukan untuk mendukung proses operasional pemesanan makanan pada fitur Order Sekaligus.

Inovasi ini menjadi pembukti bahwa Gojek tidak pernah berhenti berinovasi, terutama dengan memanfaatkan teknologi terbaru untuk meningkatkan pelayanannya. “Dalam menjalankan bisnis kami, inovasi selalu menjadi denyut nadi dari apa yang kami lakukan di Gojek,” ujar Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo.

Ia melanjutkan, sebagai bentuk inovasi tersebut, maka Gojek mempelopori uji coba pemanfaatan robot otomatis pada platform online food delivery (OFD) di Indonesia. “Dengan hadirnya percobaan perdana dalam teknologi otomasi ini, diharapkan bahwa hasilnya dapat meningkatkan efisiensi operasional GoFood, sekaligus meningkatkan pengalaman kuliner secara holistik bagi pelanggan dan mitra-mitra kami,” kata Catherine.

Pengadopsian teknologi ini telah masuk ke dalam fase uji coba guna memastikan efisiensi operasional dan kenyamanan bagi mitra driver karena mitra driver cukup mengambil pesanan dari satu pick up point. Kalian dapat melihat cara robot otomatis bekerja dalam melayani pesanan makanan di Mal Kelapa Gading (MKG), Jakarta, hingga Maret mendatang.

Sistem kerjanya yakni dengan mengonsolidasikan pesanan fitur GoFood Order Sekaligus dari berbagai resto yang berada di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG) sebelum menyerahkannya kepada counter kasir sebagai titik pengumpulan untuk selanjutnya diambil oleh mitra driver untuk pengantaran. Sistem ini akan memudahkan mitra driver sehingga mereka tidak menghabiskan waktu mencari-cari resto di dalam area Food Court.

Order Sekaligus sendiri merupakan salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi, melalui satu kali pengiriman. Fitur Order Sekaligus kini bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Hingga pertengahan 2021, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8 kali sejak diperkenalkan pada September 2020.

Teknologi robot otomatis ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia. “Kami menggandeng PT Pudu Robot Indonesia, sebuah perusahaan teknologi terdepan yang salah satu fokusnya adalah teknologi robot layanan komersial, karena misi yang sama yaitu menciptakan kemudahan dan efisiensi proses berbasis teknologi,” tutur Catherine.

Calvin Lukmantara, Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia, mengaku antusias menjalin kerja sama dengan GoFood. “Sebagai perusahaan yang sama-sama percaya akan manfaat teknologi untuk membuat hidup lebih mudah, tentu kami sangat menantikan bagaimana produk Pudu Robotics dapat mendukung Gojek dan GoFood untuk terus jadi yang terdepan dan menjadi andalan pelanggan,” katanya.

Robot otomatis itu dengan tipe Bellabot tersebut menggunakan teknologi sensor 3D dan kerangka modular sehingga aman apabila terhalang objek. Pengoperasian robot dengan multi cara seperti deteksi suara dan interaksi sentuhan, serta navigasi yang akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area robot beroperasi.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di tempo.co

Loading...