Terungkap di Rapat Panja DPR, Investasi Telkomsel Di GoTo Sudah Sesuai Aturan

Rapat Panja DPR dengan Dirut Tekom dan Telkomsel bahas investasi GoTo. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Transonlinewatch.com – Rencana investasi PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) ternyata sudah sesuai aturan.

Hal itu terungkap dalam Rapat Panja Investasi BUMN pada Perusahaan Digital Komisi VI DPR RI yang dihadiri manajemen Telkom dan Telkomsel pekan lalu, di Gedung DPR.

Direktur Utama Telkom Ririek Ardiansyah menekankan bahwa investasi Telkomsel sudah melalui berbagai proses dan inisiasi yang dilakukan oleh tim.

“Disrupsi digital di industri telekomunikasi itu sangat nyata. Menghadapi situasi menantang seperti itu, kita tidak boleh sekadar bertahan. Kita harus cepat beradaptasi, berkolaborasi dan berinvestasi. Sebagai perusahaan teknologi nasional, dan pemain utama ekonomi digital, Gojek masuk dalam radar investasi kami,” kata Ririek dikutip Selasa (21/6/2022).

Melansir liputan6.com, Singtel sebagai pemegang 35 persen saham Telkomsel turut merestui keputusan investasi di GoTo. Pertimbangan investasi di jajaran direksi Telkomsel dipimpin oleh Direktur Planning & Transformation yang merupakan perwakilan Singtel di Telkomsel.

Direktur Planning dan Transformation memimpin berbagai inisiatif di bisnis digital Telkomsel termasuk investasi di GoTo. Usulan investasi kemudian disetujui oleh seluruh dewan direksi berdasarkan keputusan kolektif kolegial

Selebihnya, hierarki pengambilan keputusan investasi berhenti di level dewan direksi Telkomsel. Proses konsultasi ke perusahaan induk (pemegang saham), yakni Telkom dan Singtel, hanya terjadi di level direksi kedua perusahaan. Sesuai ketentuan, jajaran komisaris Telkom ataupun Singtel tidak perlu dilibatkan dalam proses ini.

Menurut paparan, saat berinvestasi Telkom telah merujuk pada peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, yaitu: Kitab UU Hukum Perdata, UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Permen No 27 Tahun 1998 Tentang Penggabungan, Peleburan, Dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas, dan Anggaran Dasar Telkomsel No. 69 Tahun 2008 yang mengatur ketentuan mengenai persetujuan organ.

(tow)

Loading...