Terdampak Corona, Grab Siapkan Skema Keuangan buat Driver

Grab Indonesia Foto: Istimewa

Pekerja informal seperti driver ojek online (ojol) dan taksi online (taksol) menjadi salah satu profesi yang terdampak work from home di tengah pandemi corona. Grab Indonesia mengaku tengah menyiapkan skema untuk mengurangi masalah keuangan yang dihadapi mitranya.

“Grab bersama perusahaan rental kendaraan, PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) akan meluncurkan program yang diharapkan dapat membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi melalui dukungan pihak Perbankan,” ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima detikcom.

“Di samping itu kami juga sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merencanakan keringanan pembiayaan melalui Perusahaan Leasing dan Perbankan, terutama bagi mitra pengemudi kami di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga :  Apes, Barang Kiriman Driver Ojek Online ini Dibawa Kabur Pencuri

Beberapa skema yang tengah disiapkan antara Grab dengan TPI adalah penundaan biaya rental mobil hingga dua bulan ke depan serta pemberian dana tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI.

Pertama, bagi seluruh pengemudi yang masih mempunyai kontrak aktif pada program Gold dan Flexi Plus, maka mendapat penundaan biaya rental sampai dengan 2 Juni 2020 dan pengemudi menggunakan kendaraan tersebut untuk bekerja. Lalu kedua, buat pengemudi yang membutuhkan uang tunai saat ini dapat mengikuti program GAP atau program Loyalti Flexi Plus.

Saat ini Grab sedang membantu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang difasilitasi oleh OJK mendata debitur leasing yang merupakan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar serta mereka yang terkena dampak dari pandemi ini sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh OJK.

Baca Juga :  Polemik Lay Bay Stasiun Bekasi untuk Ojek Online Demi Atasi Kemacetan

Neneng mengatakan melalui pendataan ini diharapkan pengajuan restrukturisasi dari pinjaman para mitra dapat diajukan secara kolektif oleh Grab kepada APPI yang nantinya akan disampaikan kepada perusahaan leasing yang menjadi anggota mereka.

“Sebagai bentuk dukungan saat ini kami tengah berdiskusi secara intensif dengan OJK terkait inisiatif ini, termasuk bagaimana Grab dapat membantu pelaksanaan di lapangan,” kata dia.

“Kami berharap dukungan Grab dalam program relaksasi keuangan pemerintah, juga mendapatkan dukungan dan respon positif dari pihak perbankan dan perusahaan leasing di Indonesia,” ujar Neneng.

Artikel ini telah tayang di https://oto.detik.com/berita/d-4967927/imbas-corona-grab-siapkan-skema-keuangan-buat-driver

Loading...