Tak Perlu Antre Lagi, Warga Balikpapan Bisa Urus SIM Lewat GoSend di Aplikasi Gojek

TEPERCAYA: Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak MSi (kanan) menyerahkan dokumen SIM kepada mitra Gojek Balikpapan untuk selanjutnya dikirim ke pemesan, Rabu (2/3). Ini menandakan dimulainya kerja sama strategis antara Satlantas Polresta Balikpapan dan Gojek.

Warga Kota Beriman yang ingin mengurus surat izin mengemudi (SIM) di Kantor Satlantas Polresta Balikpapan kini tidak harus antre. Cukup dilakukan dari rumah dengan menggunakan salah satu fitur dari Gojek, yakni Gosend. Nanti, mitra Gojek yang akan mengantar dokumen SIM ke Satlantas. Tentunya dengan mengedepankan Protokol J3K (jaga kesehatan, kebersihan dan keamanan).

Kerja sama strategis Satlantas Polresta Balikpapan dan Super App terdepan di Asia Tenggara untuk layanan ini diwujudkan dalam penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Kapolres Balikpapan Kombes Pol Turmudi SIK dengan District Head Gojek Kalimantan Irwansyah Fansury. Didampingi oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak MSi.

Turmudi mengatakan, ini merupakan kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan industri dalam mencapai tujuan bersama, yakni menekan jumlah penyebaran Covid-19. Penggabungan program presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan) Kepolisian RI dan J3K-Gojek ini demi membantu masyarakat untuk beraktivitas di masa pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti dilansir dari Prokal.co.

Baca Juga :  Layanan GoFood Diharapkan Mampu Mendongkrak Ekonomi Batam

Kami menyambut baik kerja sama antara Satlantas Polresta Balikpapan dan Gojek Balikpapan ini. Apalagi dalam situasi pandemi, kolaborasi dengan pemanfaatan teknologi yang dimiliki Gojek dapat membantu proses distribusi SIM kepada masyarakat Balikpapan secara mudah tanpa harus hadir di ruang publik,” ujarnya di sela-sela acara.

Adapun proses pengurusan SIM menggunakan layanan Gosend dengan pengambilan nomor registrasi online di situs https://polantasbalikpapan.com/, warga dapat memesan layanan GoSend untuk mengantar dan mengambil dokumen sehingga tidak perlu berkunjung ke kantor Satlantas Polresta Balikpapan.

Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan dokumen, Satlantas Polresta Balikpapan menyediakan jalur khusus untuk mitra Gosend dengan petugas yang akan mencatat nomor registrasi dan nomor order Gosend.

Proses pengantaran maupun pengambilan dokumen di Kantor Satlantas Polresta Balikpapan dilakukan melalui fasilitas jalur khusus sehingga mempersingkat waktu layanan. Mitra driver Gojek beroperasi dengan menjalankan protokol yang mengedepankan upaya menjaga kesehatan, kebersihan dan keamanan (J3K) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lain.

Baca Juga :  Gandeng Gojek, Toko Tani Kementan Tangani Ketersediaan Pangan

Irwansyah Fansury menuturkan, pihaknya akan selalu berusaha hadir untuk menyelesaikan friksi kehidupan masyarakat sehari-hari. Apalagi dengan adanya tatanan kehidupan baru, Gojek berharap layanan-layanannya dapat diandalkan untuk membantu masyarakat.

Terutama dalam konteks kerja sama ini, Gosend dapat menjadi alternatif baru dalam pemanfaatan teknologi untuk pengiriman dokumen SIM. Sehingga masyarakat dapat mengurangi kontak fisik dan menekan laju penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Pihaknya mengapresiasi Pemkot Balikpapan dalam hal ini Satlantas Polresta Balikpapan yang telah memberikan kepercayaannya kepada mitra Gojek untuk dapat membantu pengurusan dokumen-dokumen penting seperti pengurusan SIM di Balikpapan.

Sejalan dengan itu, Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia Mulawarman mengatakan, prinsip untuk membuat keseharian pelanggan lebih mudah melalui teknologi adalah dasar dari semua inovasi dan solusi yang Gojek luncurkan.

Baca Juga :  Melalui YABB, Mandiri Sekuritas Beri Bantuan Rp415 Juta ke 90 Siswa Berprestasi

Kami yakin bahwa user experience, kepuasan, dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci bagi pertumbuhan jangka panjang Gojek,” ujarnya.

Karena itulah, Tambah Mulawarman, Gojek melakukan pendekatan berbasis produk. Artinya, Gojek memastikan bahwa produk yang dihadirkan mudah digunakan dan benar-benar menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari pelanggan. “Harapannya, fokus pada kepuasan pelanggan akan terus meningkatkan loyalitas pengguna aplikasi Gojek,” tutup Mulawarman.

Di samping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi Covid-19 di atas, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (Gofood dan Goshop) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver.

Sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui Gopay dan Paylater untuk bertransaksi dengan Gofood dan Goshop.

(TOW)

Loading...