SEA Games 2019: Menembus Kemacetan Manila dengan Ojol Filipina

Salah satu venue untuk SEA Games 2019, Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemacetan di Manila, ibu kota Filipina, menjadi salah satu kendala yang mesti dihadapi selama gelaran SEA Games 2019. Lalu lintas padat kerap menjadi penghambat wartawan peliput untuk berpindah dari satu venue ke venue yang lain.

Salah satu yang menjadi penyebab kemacetan adalah tata kota yang dipenuhi blok. Kondisi itu menyebabkan ada banyaknya persimpangan dan lampu merah. Selain itu, banyaknya gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan bikin volume kendaraan kerap padat.

Sebelum multiajang se-Asia Tenggara ini dimulai, isu kemacetan memang sudah merebak. Masalah semakin bertambah karena beberapa venue memiliki jarak tempuh yang cukup jauh. Terlebih, jika menggunakan kendaraan roda empat.

Namun, tak perlu khawatir. Ada solusi untuk membelah kemacetan di Manila yakni dengan menggunakan Angkas, ojek online di Filipina. Moda transportasi ini sama seperti di Indonesia, menggunakan kendaraan motor roda dua.

Baca Juga :  Antar Orderan Tengah Malam, Ojol di Pekanbaru Nyasar Hingga Dievakuasi Basarnas

kumparanSPORT mencoba menggunakan Angkas dari daerah Makati ke Rizal Memorial Sports Complex pada Jumat (8/12/2019) di rush hour (alias jam sibuk). Dengan jarak sekitar 5 kilometer, biasanya butuh waktu 30- 45 menit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Driver Angkas, ojol milik Filipina. Foto: Aditia Rizki Nugraha/kumparan

Akan tetapi, dengan Angkas, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 10-15 menit. Tarif yang dibebankan pun cukup terjangkau, hanya 104 peso atau sekitar Rp28 ribu. Berbeda cukup signifikan dengan tarif taksi online yang bisa mencapai 250-300 peso atau Rp70-80 ribu.

Harga lebih terjangkau dan waktu tempuh itu yang membuat Angkas begitu masif digunakan di Filipina, khususnya kota besar macam Manila. Menurut laporan beberapa media Filipina macam Rappler, saat ini terdapat hampir 27 ribu driver Angkas di sana.

Baca Juga :  Viral, Aplikasi Ojol Buroq Banjir Pertanyaan Kocak Netizen

Salah satu pengemudi Angkas, Ryan Coros Gensaya, menyebut jumlah armada driver dengan pengguna aplikasi tersebut. Gensaya menilai banyak masyarakat yang memilik menggunakan Angkas untuk menghemat waktu perjalanan.

Manila acapkali macet pada jam-jam sibuk. Foto: Aditia Rizki Nugraha/kumparan

“Ada jutaan orang saat ini yang menggunakan Angkas di Filipina, sementara driver hanya ada sekitar puluhan ribu saja. Banyak orang memilik Angkas karena bisa lebih cepat ke tujuan,” kata Gensaya.

kumparanSPORT juga menjajal Angkas dari Rizal Memorial Stadium menuju venue basket SEA Games 2019 yang ada di Mall of Asia (MOA) Arena. Dengan jarak 6,5 km, hanya butuh waktu 15 menit untuk tiba ke tujuan, sedangkan menggunakan kendaraan roda empat bisa memakan waktu lebih dari 30 menit.

Masifnya pengguna Angkas di Filipina diakui Juriel Cruz Silo memberi penghasilan cukup untuk dirinya dalam sehari. Kondisi itu pula yang bikin dirinya memilih driver Angkas sebagai pekerjaan tetap sehari-hari.

Baca Juga :  Begini Kronologi Penumpang Ojol Terlindas Truk di S Parman

Meski begitu, Juriel menjelaskan tidak mudah untuk bergabung menjadi driver Angkas. Pasalnya, para pelamar harus mengikuti sejumlah proses seleksi yang salah satunya adalah tes berkendara.

Suasana di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina saat ajang SEA Games 2019. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

“Biasanya saya bekerja (menjadi driver Angkas) selama 12 jam dalam sehari. Sekitar 10-15 penumpang saya dapatkan, kira-kira dari situ saya mendapatkan 1.000-1.500 peso (Rp250-300 ribu),” ujar Juriel.

“Saat ini ada aturan baru untuk yang ingin menjadi driver Angkas. Mereka harus mengikuti tes keamanan dalam berkendara lebih dulu,” jelasnya.

Mobilitas cepat memang dibutuhkan selama SEA Games 2019. Terutama bagi para pewarta yang harus berpindah dari satu venue ke venue lain. Angkas bisa menjadi salah satu moda pilihan terbaik untuk membelah macetnya Manila yang sering tak kenal waktu.

(kumparan.com)

Loading...