Pengaruh Gojek terhadap Perekonomian di Kota Banjarmasin

Transportasi merupakan suatu hal yang paling dibutuhkan oleh masyarakat sekarang untuk melakukan aktivitas atau keperluan lainnya karena transportasi dapat menghemat waktu dan tenaga dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Bahkan saat kita lapar dan malas untuk memasak pun kita harus membeli makanan diluar dengan menggunakan transportasi.

Nah sedangkan seperti yang kita ketahui, masyarakat di Kalimantan Selatan khususnya kota Banjarmasin merupakan masyarakat yang mayoritas umat manusianya menyukai sesuatu yang serba instan. Kemudian beberapa tahun silam muncullah sebuah aplikasi ojek online yang merupakan layanan transportasi yang dapat kita akses melalui teknologi atau smartphone yang kita miliki sekarang.

Ojek online tidak hanya menyediakan layanan transportasi tapi juga menyediakan berbagai macam layanan seperti membeli makanan dan mengantarkan barang apabila ada yang tertinggal. Nah applikasi ojek online inilah yang dapat membantu masyarakat di Banjarmasin untuk memenuhi kebutuhan sehari hari secara instan.

Tidak hanya memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, Ojek online juga dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Banjarmasin karena setiap orang bisa mendaftar bekerja sebagai tukang ojek online.

Salah satu contoh dari ojek online adalah Go-Jek dimana gojek ini sendiri juga memiliki aplikasi yang menyediakan Go-Car dan Go-Ride, Gocar merupakan transportasi roda 4 dan goride merupakan transportasi roda 2. Gojek menyediakan lapangan kerja yang sangat luas sehingga mengurangi jumlah pengangguran yang ada di kota Banjarmasin.

Baca Juga :  Pendatang Baru di Transportasi Online, Moojol Gandeng 1.000 Pengemudi

Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Pada tahun 2017 jumlah pengangguran yang tercatat di kota Banjarmasin adalah 98.959 , kemudian turun menjadi 95.278 orang pengangguran pada 2018.

Penurunan ini termasuk penurunan yang signifikan dimana berjumlah 3.681 yang berhasi mendapatkan pekerjaan. Walaupun tidak semua masyarakat mendaftar di ojek online tetapi paling tidak meminimalisir sebagian pengangguran yang ada di kota Banjarmasin.

Terdapat 77% masyarakat yang mendaftar sebagai mitra pengemudi gojek berusia 20-39 tahun, 15 % merupakan lulusan perguruan tinggi / sekolah tinggi , 83 % memiliki tingkat Pendidikan SMP-SMA sederajat dan 78 % mitra pengemudi yang memiliki tanggungan. Gojek merupakan mitra UMKM dimana sebagian dari penghasilannya pertahun diberikan kepada perekonomian Indonesia sebanyak 1,7 trilliun rupiah. Maka dari itu besar sekali pengaruh gojek terhadap perekonomian.

Pertumbuhan ekonomi merupakan peningkatan dari produksi suatu negara selama per tahun. Apabila pertumbuhan ekonomi suatu negara tinggi maka meningkatkan pembangunan ekonomi suatu negara itu sendiri.

Baca Juga :  Dampak Pandemi, 430 Karyawan Tinggalkan Go-Life Gojek, Dapat Pesangon, Asuransi dan Fasilitas Ini

Banyak sekali dampak positif dari adanya gojek di Banjarmasin, Mulai sekarang kita tidak perlu ke pangkalan ojek terdekat lagi untuk mencari ojek, karena hanya dengan memesan melalui aplikasi gojek langsung dapat menjemput kita dirumah langsung dan tidak perlu keluar rumah lagi untuk membeli makanan karena fasilitas go-food di gojek sudah tersedia dengan sangat lengkap dan apabila ada barang yang tertinggal kita tidak perlu repot lagi untuk bolak-balik kerumah karena gojek menyediakan go-send dimana dari gosend ini kita dapat mengirim baran ke siapapun atau kemanapun yang kita inginkan misalnya mengirim tugas kita yang ketinggalan di rumah ke kampus atau sekolah dan mengirim barang yang kita pesan dari olshop terdekat.

Driver gojek juga tersedia selama 24 jam sehingga kalian yang lapar saat tengah malam dan ingin membeli makanan cukup gunakan aplikasi gojek saja karena tidak perlu lagi keluar rumah.

Namun, kekurangan dari gojek ini adalah aplikasi dari gojek ini dapat langsung mendeteksi alamat rumah dan nomor ponsel kita, kurang nyaman bagi para wanita yang bepergian menggunakan gocar karena sebagian besar driver gocar adalah laki-laki dan kita tidak mengetahui dengan jelas karena mobil gocar tidak sama dengan transportasi angkutan umum lainnya dan mobil gocar sendiri bersifat mobil pribadi. Akan tetapi sekarang gojek sudah menyediakan lapangan kerja bagi kaum wanita sehingga kaum wanita dapat merasa aman dan nyaman ketika ingin berpergian.

Baca Juga :  Bikin Ketawa, Perempuan ini Pura-pura Tukar Uang Kecil Biar Bisa Kenalan Dengan Driver Ojol "Gagah"

Gojek juga berpengaruh besar terhadap UMKM di Banjarmasin, dengan adanya gojek meningkat pula lah penghasilan yang didapatkan oleh para UMKM di Banjarmasin. Karena para konsumen tidak perlu lagi mengantri atau menunggu apa saja yang ingin mereka pesan, konsumen juga tidak ragu untuk memesan makanan baru yang ingin mereka coba karena dengan aplikasi gofood sudah tersedia foto makanan yang dapat menambah peminat untuk membeli makanan tersebut, mereka hanya perlu memilih berbagai macam jenis makanan yang ada di kota Banjarmasin dengan menggunakan smartphone yang mereka punya. Nahh untuk kalian yang membaca artikel ini jangan ragu lagi untuk menggunakan aplikasi gojek karena gojek sudah terpercaya dan juga dapat membantu perekonomian di kota kita sendiri yaitu di Banjarmasin.

Penulis: Achmad Dwi Nugroho

Sumber data : BPS (badan pusat statistik) dan Go-Jek Indonesia

Artikel ini telah tayang di https://www.kompasiana.com/achmaddwinugroho8645/5dfdf813097f361a80053e62/pengaruh-gojek-terhadap-perekonomian-di-kota-banjarmasin?page=all#section1

Loading...