Pasca Penumpangnya Dibunuh Pengemudi Palsu, Uber Tawarkan ini

Bloomberg News/Landov

Fitur baru dari Uber muncul setelah kematian Samantha Josephson (21 tahun), yang terbunuh setelah masuk ke mobil seorang pria yang menyamar sebagai sopirnya.

Uber, menawarkan penumpang kode pin empat digit untuk membantu memastikan mereka masuk ke mobil yang tepat.

Perusahaan ride-hailing ini meluncurkan fitur baru di AS dan Kanada Selasa, mengatakan semua penumpang di kedua negara akan dapat menggunakan kode pin pada akhir minggu.

Perkembangan ini muncul setelah kematian Samantha “Sami” Josephson yang berusia 21 tahun, yang dibunuh pada bulan Maret setelah masuk ke mobil seorang pria yang menyamar sebagai pengemudi Uber. Tubuhnya kemudian ditemukan di hutan 65 mil (105 kilometer) jauhnya.

Sejak itu, negara bagian telah mendorong persyaratan keselamatan tambahan untuk pengemudi Uber. Di New Jersey, tempat Josephson tumbuh dewasa, negara bagian mengeluarkan undang-undang yang mewajibkan pengemudi yang datang untuk menunjukkan tanda pengenal di kaca depan mobil dan jendela belakang. North Carolina mengesahkan undang-undang yang mengharuskan pengemudi Uber dan Lyft untuk menampilkan tanda-tanda terang.

Baca Juga :  PM 108 Digugat, Organda Sebut Akan Membingungkan Transportasi Konvensional

Dengan fitur baru, Uber mengirimkan kode pin empat digit kepada penumpang. Lalu, sebelum masuk ke mobil, pengendara memberi tahu pengemudi kode pin. Pengemudi memasukkan kode pin ke dalam aplikasi, dan jika semuanya cocok, penumpang mendapat pemberitahuan yang mengatakan “perjalanan Anda diverifikasi.”

“Mereka dapat melihat konfirmasi sebelum masuk ke kendaraan dan mereka tidak harus mengambil kata pengemudi untuk itu,” kata Rebecca Payne, manajer produk senior di Uber, yang membantu mengembangkan fitur.

Uber telah lama memberi para penumpang nomor plat dan merek serta model mobil, dan kode pin menawarkan lapisan keamanan tambahan, kata Payne. Tetapi cara terbaik untuk memastikan Anda masuk ke mobil yang tepat adalah dengan memeriksa plat nomornya, katanya. Setelah kematian Josephson, Uber mulai mengingatkan penumpang untuk memeriksa plat dan detail kendaraan lainnya.

Baca Juga :  Beli Ganja Gunakan Ojek Online, Dua Mahasiswa Yogyakarta Ini Diamankan Polisi

“Plat tidak akan cocok dengan plat nomor lain yang ada di jalan, dan itu benar-benar informasi yang hebat yang dapat divalidasi oleh penumpang sebelum masuk ke dalam mobil,” kata Payne.

Penumpang dapat memilih untuk menggunakan fitur kode pin baru Uber atau tidak, atau mereka dapat memilih untuk menggunakannya hanya pada malam hari. Perusahaan ride hailing yang melayani anak-anak telah lama menggunakan kode pin empat digit untuk membantu orang tua memastikan anak-anak mereka masuk ke mobil yang tepat.

Uber dan pesaing utamanya di AS, Lyft LYFT, telah bereksperimen dengan kode pin di beberapa kota untuk memfasilitasi penjemputan di bandara.

Baik Uber dan Lyft telah berjuang dengan masalah keamanan. Uber merilis laporan pada bulan Desember mengungkapkan bahwa 464 orang, sebagian besar penumpang, melaporkan bahwa mereka diperkosa saat menggunakan layanannya di AS pada tahun 2017 dan 2018, dan ada lebih dari 3.000 serangan dilaporkan pada tahun 2018. Uber melayani 1 miliar perjalanan pada tahun 2017 dan 1,3 miliar perjalanan pada 2018 di AS

Baca Juga :  Ditahan Saat Angkut Penumpang, Ratusan Pengemudi Taksi Online Datangi Dishub Kota Batam

Lyft mengatakan akan mengeluarkan laporan serupa, tetapi belum mengatakan kapan. Lyft telah digugat oleh puluhan wanita yang mengatakan mereka diserang oleh pengemudi dan perusahaan tidak berbuat cukup untuk melindungi mereka.

Anggota Kongres memperkenalkan undang-undang pada bulan Oktober yang akan mengharuskan pengemudi untuk memiliki kode respons cepat yang dapat dipindai oleh penumpang dengan smartphone. RUU itu juga berupaya mencegah siapa pun kecuali perusahaan yang naik wahana itu untuk menjual tanda-tanda Uber dan Lyft agar pengemudi dapat dipajang di jendela mobil mereka.

(transonlinewatch.com)

Artikel ini telah tayang di https://www.marketwatch.com/story/uber-to-offer-riders-pin-codes-to-help-identify-correct-car-2020-01-08?siteid=rss

Loading...