Mantap! Kirim Pakai GoSend, Pengguna Tokopedia Bisa Beri Uang Tip ke Driver Gojek

Foto: Gojek dan Tokopedia Bentuk GoTo (Dok. GoTo)

Tokopedia menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna memberikan uang tip kepada driver Gojek yang mengantar pesanan.

Uang tip tersebut bisa diberikan kepada driver GoSend Instan dan Same Day langsung melalui aplikasi Tokopedia.

Fitur ini bisa ditemukan di aplikasi Tokopedia, tepatnya pada halaman “Lacak”. Adapun nominal tip yang bisa diberikan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 20.000. Metode pembayaran tip dapat dilakukan melalui GoPay, Direct Debit, BRI E-Pay, JakOne, CIMB Clicks, LinkAja, serta Virtual Account Bank BRI, BNI, Danamon, dan CIMB.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Tokopedia minimal ke versi 3.157 (Android) dan 2.162.0 (iOS).

Tip ini bisa diberikan sejak proses pencarian driver hingga pesanan tiba. Namun, pembeli tidak bisa memberikan tip jika transaksi sudah dinyatakan selesai.

Seandainya pembeli secara tidak sengaja menekan tombol “selesai” saat proses transaksi, maka pembeli tidak dapat memberikan tip kepada kurir GoSend tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa tip bersifat opsional, sehingga pembeli tidak diwajibkan untuk memberikan tip kepada kurir GoSend.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman informasi Tokopedia, Rabu (19/1/2022), uang tip yang diberikan akan diserahkan kepada kurir GoSend setelah proses pengiriman barang dinyatakan selesai.

Namun, apabila pesanan tiba saat proses pemberian tip belum selesai, maka tip akan diberikan kepada kurir setelah pembayaran tip sukses diverifikasi.

Jika terjadi pergantian kurir GoSend saat proses pengiriman barang berlangsung, maka tip akan secara otomatis diberikan kepada kurir terakhir yang berhasil melakukan pengiriman.

Jika penjual mengganti layanan kurir selain GoSend, maka tip yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia pembeli.

Tip yang telah diberikan kepada pihak kurir tidak dapat dikembalikan, termasuk ketika terjadi kesalahan dalam memasukkan nomimal tip.

Namun, tip yang sudah dibayarkan akan secara otomatis dikembalikan ke Saldo Tokopedia pembeli apabila transaksi dibatalkan baik oleh penjual atau melalui Pusat Resolusi.

Saat ini, fitur tip ini hanya bisa diberikan kepada kurir GoSend. Untuk lebih lengkapnya, informasi terkait fitur tip driver dapat diakses dengan mengunjungi laman Tokopedia melalui tautan berikut.

Gojek dan Tokopedia sendiri saat ini sudah bersatu di bawah satu payung besar bernama GoTo. Gojek dan Tokopedia resmi merger pada pertengahan 2021 lalu.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Loading...