Mahasiswa UKI Sebut Aturan Wajib Nyalakan Lampu Siang Hari Rugikan Ojol

Suasana kepadatan arus lalu lintas di sekitar Stasiun Palmerah, Jakarta, Jumat (2/8/2019). Ojek daring menjadi salah satu penyebab penumpukan kendaraan yang terjadi di ruas jalan sekitar Stasiun Palmerah. Kemacetan tersebut bisa jadi karena tidak adanya pemberhentian khusus untuk ojek online, baik untuk mengambil atau menurunkan penumpang. | AKURAT.CO/Endra Prakoso

Dua mahasiswa Fakultas Hukum UKI, Eliadi Hulu dan Ruben Saputra Hasiholan Nababan melayangkan permohonan uji materi UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 107 ayat 2 dan Pasal 293 ayat 2 ke Mahkamah Konstitusi.

Pasal 197 ayat 2 berbunyi, Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Sementara Pasal 293 ayat 2 berbunyi, Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Baca Juga :  Kocak! Driver Ojek Online Ini Dapat Penumpang Artis, Dikira Maria Ozawa

Dalam berkas permohonannya, Eliadi menyebut bahwa menyalakan lampu utama pada siang hari mengakibatkan pemborosan aki sepeda motor.

“Hal ini tentunya sangan merugikan para driver online yang sehari-harinya mencari nafkah menggunakan sepeda motor,” ujarnya dalam berkas permohonannya dilansir dari website Mahkamah Konstitusi, Sabtu (11/1/2020).

Eliadi menilai penerapan kewajiban menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang hari tidak sesuai dengan letak astronomis Indonesia.

“Negara-negara yang pertama kali menerapkan wajib menyalakan lampu utama pada sepeda motor siang hari adalah negara-negara Nordik yang berada di bangian utara bumi yang sinar mataharinya sangat sedikit pada siang hari sehingga membutuhkan bantuan penerangan dengan konsep pencahayaan lampu,” tuturnya.

Baca Juga :  Yuk, Lihat Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru

Artikel ini telah tayang di https://akurat.co/news/id-952429-read-mahasiswa-uki-sebut-aturan-wajib-nyalakan-lampu-siang-hari-rugikan-ojol

Loading...