Liput SEA Games, Jurnalis Gunakan Layanan Gojek Menebus Parahnya Kemacetan di Vietnam

Driver Gojek di Vietnam. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Macet menjadi satu dari sekian hal yang tak terelekkan ketika Anda berada di Vietnam, tak terkecuali dengan apa yang dirasakan oleh jurnalis Bola.com, Ikhwan Yanuar Harun. Beruntung, di sana ia mendapati Gojek, dan ia berkesempatan untuk merasakan sensasi menembus venue opening ceremony SEA Games 2021 menggunakan sarana ojek online tersebut.

Hanoi, Ibu Kota Vietnam, dikenal dengan kemacetan parahnya, apalagi saat SEA Games 2021 berlangsung. Memakai jasa ojek online buatan Indonesia, Gojek, adalah satu di antara solusi terbaik untuk memecah kemacetan di Hanoi terutama pada saat jam sibuk.

Hanoi termasuk kota yang memiliki lalu lintas yang padat. Kota itu memiliki populasi delapan juta orang dengan kendaraan sebanyak 6,4 juta, termasuk 5,6 juta sepeda motor.

Di tempat lain, tepatnya di Viet Tri, sekitar 80 km dari Hanoi, wartawan Bola.com yang meliput kegiatan Timnas Indonesia U-23, Muhammad Adi Yaksa, juga bercerita tentang hiruk pikuk SEA Games 2021. Bedanya, lelaki yang baru melepas masa lajangnya itu tidak merasakan kemacetan.

Kontrasnya kondisi lalu lintas di Viet Tri memperlihatkan betapa Hanoi, sebagai Ibu Kota Vietnam, memang berbeda dengan kawasan lainnya. Tak pelak, kemacetan menjadi keniscayaan. SEA Games 2021 menambah padat kondisi jalanan di kota tersebut.

Kembali ke Ikhwan, ia awalnya cemas apakah bisa sampai di venue SEA Games 2021 tepat waktu. Pria yang akrab disapa Mas Gembul itu memprediksi bahwa lalu lintas ke tempat tujuan bakal lebih macet dari hari-hari biasanya.

Namun, Mas Gembul mendapati bahwa Gojek juga beroperasi di Vietnam. Perusahaan transportasi online Tanah Air ini bekerja persis seperti di Indonesia. Artinya, ia tidak perlu mengunduh versi tertentu, tinggal order saja dan duduk manis sambil menikmati jalanan di Hanoi.

Bahasa Bukan Kendala

Jurnalis Bola.com, Ikhwan Yanuar, berswafoto bersama driver ojol (ojek online). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Jarak antara hotel tempat menginap menuju Vietnam National Convention Center, venue SEA Games 2021, sekitar 3,5 km. Biasanya, dengan menggunakan kendaraan roda empat dibutuhkan waktu sampai 20 menit untuk sampai ke tujuan.

Namun, menggunakan Gojek (motor) hanya membutuhkan waktu 10 menit. Ongkos yang dikeluarkan juga cukup murah yakni 26.000 VND atau setara Rp20 ribu.

Cukup sulit untuk berkomunikasi dengan pengemudi Gojek di Vietnam. Mereka tidak paham sama sekali bahasa asing. Salah satu cara adalah dengan menggunakan Google Translate dari bahasa Indonesia ke bahasa Vietnam.

Cara penyampaiannya juga unik. Driver tinggal melihat dan membaca sendiri apa yang tertera di gawai Anda. Dengan bahasa Inggris seadanya, ia akan dengan sabar memberi tahu informasi apa yang ia tahu, meski kalau sudah kepepet ia juga menggunakan Google Translate.

Sepanjang perjalanan, Ikhwan mencoba untuk berinteraksi dengan driver tersebut. Betapa kaget ia dibuatnya karena jalanan sangat berisik oleh bunyi klakson.

“Orang-orang di sini memang tidak sabaran dan ingin terburu-buru,” kata pengemudi Gojek yang bernama Nguyen Tien Doan.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di bola.com

Loading...