Lindungi Pengguna dan Mitra dari Aksi Penipuan, Gojek Tawarkan 3 Skema Keamanan

Zihan Fajrin

Kejahatan dengan teknik manipulasi psikologis atau magis merupakan masalah yang terjadi di banyak sektor industri, seperti perbankan dan operator telepon seluler. Maraknya praktik ini membuat penipuan siber menjadi kejahatan yang kasusnya cenderung terus meningkat setiap tahun.

Gojek menawarkan tiga skema agar para pengguna dan mitra driver-nya terhindar dari aksi penipuan manipulasi psikologis.

SVP IT Governance, Risk and Compliance Gopay, Ganesha Nara Saputra, mengatakan aksi penipuan Magis kerap terjadi di masyarakat dengan mengaku sebagai perwakilan Gojek ataupun platform lain.

“Penipuan ini biasana terjadi untuk mengelabui para pengguna jasa agar melakukan transfer sejumlah uang dengan berbagai modus,” kata Ganesha dalam konferensi virtual, Kamis (28/5/2020) seperti dilansir dari Tribunnews.

Baca Juga :  Payah! Pendemo Go-Jek Salatiga Ketika diskusi Mencari Solusi Malah Walk Out

Agar terhindar dari aksi penipuan Magis, tiga skema yang disiapkan Gojek adalah edukasi, teknologi, dan proteksi.

“Melakui skema edukasi, Gojek memberikan modul edukasi lengkap dan relevan agar terhindar dari aksi penipuan tersebut. Kemudian kami juga berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, untuk memberikan edukasi tekait modus penipuan ini,” ujar Ganesha.

“Kami menghadirkan Edukasi Jaga untuk keamanan digital para penggunanya. Dalam edukasi ini kami mengimbau, untuk tidak bertransaksi di luar aplikasi, lalu gunakan PIN untuk transaksi, serta melakukan pengaduan terhadap hal yang mencurigakan,” lanjutnya.

Menurut Ganesha, dalam skema teknologi pihaknya menghadirkan Gojek Shield untuk pertegas keamanan layanan.

“Gojek Shield yang dikembangkan tim kelas dunia dan berbasis kecerdasaan buatan, dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna dari aksi penipuan,” ujar Ganesha.

Baca Juga :  Tawarkan Skema Bagi Hasil Menggiurkan, Berapa Penghasilan Mitra Go Box?

Ganesha juga menyebutkan, pihaknya memberikan jaminan proteksi kepada pengguna terhadap saldo GoPay apabila terjadi hal yang diluar kendali.

“Hal diluar kendali seperti misalnya ponsel pengguna hilang, atau dicuri oleh orang lain. Maka kami akan menjamin keamanan data maupun saldo GoPay yang ada diakun ponsel tersebut,” kata Ganesha.

Loading...