Lima Tips Agar Aman dan Nyaman Saat Menggunakan Layanan Transportasi Online

detik.com

Maraknya layanan transportasi online saat ini memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat. Selain membuka lapangan pekerjaan, keberadaan jasa transportasi online ini juga memudahkan mobilitas masyarakat. Namun, bagaimana tips aman menggunakan layanan ojek online?

Tidak dipungkiri bahwa selain memudahkan mobilitas, beberapa kasus kejahatan yang melibatkan driver transportasi online dianggap cukup meresahkan. Meskipun tindak kejahatan tersebut dilakukan oleh segelintir oknum driver, namun tidak ada salahnya Anda tetap waspada dan berhati-hati.

Tips Aman Menggunakan Layanan Ojek Online

Keselamatan dan kenyamanan selama menggunakan jasa layanan transportasi online merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Dan untuk menghindari resiko tindak kejahatan yang tidak diinginkan, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1. Memastikan Nama Driver, Plat dan Kendaraan sesuai Aplikasi

Menurut situs Onlinejek.com hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan layanan transportasi online adalah memastikan nama driver, plat serta jenis kendaraan sesuai aplikasi. Hal ini sangat penting demi keamanan Anda selama di perjalanan.

Identitas driver yang berbeda dengan apa yang ada di aplikasi tentu cukup beresiko. Jika Anda merasa tidak aman dan tidak nyaman dengan perbedaan identitas tersebut maka sebaiknya dibatalkan saja untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

2. Menginformasikan kepada Keluarga atau Teman Dekat

Bagi Anda yang mungkin kemalaman dan menggunakan jasa layanan transportasi online, maka sebaiknya menginformasikan keberadaan Anda saat menggunakan layanan tersebut. Anda bisa memberitahu keluarga atau teman dekat agar tetap terhubung dengan mereka.

Selain membagikan status lokasi Anda saat berkendara dengan ojek online, jangan lupa untuk menginformasikan identitas driver lengkap dengan jenis kendaraan maupun plat-nya. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga demi keamanan dan keselamatan Anda.

3. Menyimpan Barang Berharga di dalam Tas

Untuk menghindari tindak kejahatan yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menyimpan barang berharga di dalam tas dan tidak mengeluarkannya. Termasuk dalam hal ini sebaiknya tidak menggunakan perhiasan emas yang terlihat mencolok.

Tips ini sangat penting agar perjalanan Anda tetap aman. Jangan sampai perjalanan Anda menggunakan jasa transportasi online justru tidak aman karena perhiasan atau ponsel mahal milik Anda menarik perhatian para jambret atau begal yang sedang mencari mangsa di jalan.

Anda harus selalu ingat bahwa kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena niat dari pelakunya saja tetapi juga karena ada kesempatan. Oleh karena itu sebaiknya tampil yang sewajarnya tanpa perlu menggunakan perhiasan yang berlebihan.

4. Hafalkan Rute Perjalanan

Sangat penting untuk menghafalkan rute perjalanan saat Anda menggunakan jasa ojek online. Dengan begitu maka Anda bisa memastikan bahwa rute yang dilewati benar. Jika belum pernah ke tempat tersebut, maka Anda bisa memastikannya dengan Google Maps.

5. Memastikan Ponsel tetap Menyala

Dalam menggunakan layanan ojek online, Anda harus memastikan ponsel tetap aktif di perjalanan. Tujuannya agar bisa segera menghubungi keluarga atau orang terdekat jika ada hal-hal yang mencurigakan. Seperti misalnya tidak melewati jalan yang seharusnya dilewati.

Dan yang tidak kalah penting, Anda harus tetap terjaga selama di perjalanan sehingga bisa mengetahui posisi Anda sedang berada di mana.

Menggunakan layanan transportasi online banyak dipilih karena dianggap lebih praktis dan hemat waktu. Meski begitu, tindak kejahatan yang melibatkan segelintir oknum ojek online juga perlu diwaspadai agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Dengan melakukan beberapa tips aman menggunakan layanan ojek online di atas, maka mobilitas Anda akan semakin nyaman. Dan yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah selalu berdo’a sebelum bepergian agar Tuhan memberikan keselamatan dan perlindungan kepada Anda.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di detik.com

Loading...