Lakukan Praktek Persaingan Usaha Tidak Sehat, Maxim Bakal Dilaporkan ke KPPU

Ilustrasi Ojol Maxim. (dok. Maxim)

Gabungan Admin Shelter Pengemudi Ojek Online (Gaspool) Lampung berencana melaporkan aplikasi ojek daring Maxim, terkait persaingan usaha khususnya tarif rendah yang diberlakukan perusahaan asal Rusia itu. Hal itu disampaikan saat bersilaturahmi ke kantor Wilayah II Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Lampung, Senin, 30 Desember 2019.

“Kami silaturahmi dalam kaitan dengan rencana melaporkan terkait praktek persaingan usaha tidak sehat dari Maxim,” ujar Ketua Gaspool Lampung Miftahul Huda, Senin, 1 Januari 2020.

Menurut dia, Maxim diduga melanggar Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 Tahun 2019 tentang Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Baca Juga :  Mengenal Meks, Ojek Online Baru di Kota Makassar

“Walau sudah diingatkan Kementerian Perhubungan dan didemo ribuan driver online di berbagai daerah, termasuk Lampung, tarif yang sangat murah dengan tujuan merusak harga pasar tarif angkutan online lain (Gojek dan Grab) tentu merupakan praktek persaingan usaha yang tidak sehat. Mereka tidak mematuhi KP 348 soal tarif,” katanya.

Selain rencana menggugat Maxim, silaturahmi Gaspool ke KPPU juga mendiskusikan tentang kemungkinan melaporkan praktek kemitraan yang tidak adil dan seimbang yang terjadi di Gojek. Hal itu dengan bukti adanya suspen tanpa kejelasan terhadap 48 akun mitra Gojek pascaaksi unjuk rasa terakhir.

“Walaupun tidak ada aturan hukum yang dilanggar mitra Gojek tersebut, perusahaan tetap melakukan suspen tanpa penjelasan apa pun. Kenyataan adanya praktek kemitraan yang tidak adil dan tidak sehat ini pun akan masuk agenda laporan Gaspool Lampung ke KPPU nanti,” katanya.

Baca Juga :  Dirugikan Tarif Murah Maxim, Pengemudi Ojol Protes di DPRD Sultra

Artikel ini telah tayang di https://www.lampost.co/berita-gaspool-bakal-laporkan-maxim-ke-kppu-soal-pelanggaran-tarif.html

Loading...