Kemenkominfo: Gojek Tidak Diragukan Lagi dan Sudah Terbukti Perhatiannya kepada UMKM

Ilustrasi

Rekam jejak Gojek dalam mendorong transformasi digital membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika menggaetnya untuk bekerjasama meningkatkan literasi dan mendorong UMKM go digital.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Mira Tayyiba mengatakan dalam mendorong transformasi digital – termasuk ke UMKM – Kemenkominfo berperan sebagai fondasi dengan menghadirkan infrastruktur digital seperti serat optik, base transceiver station, satelit, dan lain sebagainya.

Kemenkominfo menginginkan infrastruktur yang telah terbangun dapat memberi dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan meningkatkan literasi digital dan mendorong UMKM untuk bertransformasi ke digital melalaui pemanfaatan infrastruktur yang telah terbangun.

“Salah satu lingkup kerja sama Gojek dengan Kemenkominfo adalah digitalisasi UMKM,” kata Mira dalam konferensif virtual, Selasa (14/9/2021).

Dia mengatakan dari 60 juta UMKM, baru sekitar 15 juta UMKM yang terhubung dengan digital. Kemenkominfo berharap hingga akhir tahun sekitar 30 juta UMKM terhubung dengan digital.

Kemenkominfo pun menggandeng berbagai pihak untuk mewujudkan target tersebut, salah satunya adalah Gojek.

“Gojek tidak diragukan lagi dan sudah terbukti perhatiannya kepada UMKM. Kerja sama akan berdampak tidak hanya pada jumlah, juga kualitas UMKM,” kata Mira.

Kemenkominfo terus mempercepat pembangunan infrastruktur digital di Tanah Air. Salah satunya dengan memajukan tenggat pembangunan jaringan di lebih dari 12.000 desa.

Pembangunan infrastruktur digital yang awalnya ditargetkan rampung pada 2032, atau dipercepat 10 tahun menjadi 2022.

Kemenkominfo juga berambisi mengorbitkan Satelit Multifungsi Satria pada 2023. Satelit tersebut akan menyuntikan internet sebesar 150Gbps ke 150.000 titik.

Sementara itu, Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan mengatakan Kemenkominfo membutuhkan sekitar 10 perusahaan seperti Gojek untuk mempercepat transformasi digital di UMKM.

“Literasi digital dan transformasi digital tidak bisa berjalan sendiri. Kita butuh 10 [perusahaan] seperti Gojek lagi,” kata Semuel.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di Bisnis.com

Loading...