Hyundai dan Grab Memperluas Kemitraan Berkelanjutan

Seorang pejalan kaki berjalan melewati papan nama Grab di Singapura pada 26 April 2018. Paul Miller | Bloomberg | Getty Images

Hyundai dan Grab telah memperluas kemitraan berkelanjutan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik untuk armadanya di kawasan Asia Tenggara.

Kedua perusahaan ini akan membuat program percontohan baru, dan inisiatif yang akan menurunkan hambatan masuk ke elektrifikasi bagi pengemudi grab dan mitra pengiriman.

Melansir Paultan, program ini sendiri akan dimulai di Singapura tahun ini, sebelum berkembang ke Indonesia dan Vietnam.

Sebelumnya, data survei dari project pilot EV di Singapura menemukan bahwa biaya tinggi, kurangnya lokasi pengisian baterai mobil listrik, dan waktu tunggu yang lama saat pengisian menjadi hambatan utama para mitra dan pengemudi Grab.

Jadi, perusahaan mencari cara untuk mengatasi beberapa hambatan ini melalu model bisnis EV yang baru seperti menyewakan mobil dengan model baterai sebagai layanan atau model mobil sebagai layanan serta pembiayaan kendaraan listrik.

Baca Juga :  Hadapi Go-Jek di Thailand, Grab Jual Saham Bisnisnya

Rencana tersebut, tentunya bertujuan untuk menurunkan total biaya kepemilikan.

Selain itu, keduanya juga mengumumkan akan melakukan studi kelayakan EV untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kesenjangan dan hambaan untuk kepemilikan dan adopsi EV yang lebih luas.

Bisnis baru

Perusahaan juga mengatakan akan menjajaki kolaborasi dalam peluang bisnis baru dan teknologi seperti solusi kota pintar.

Kolaborasi antara Hyundai dan Grab dimulai pada awal 2018, ketika keduanya mengumumkan kemitraan strategis untuk mengeksplorasi peluang mobilitas masa depan baru di Asia Tenggara.

Belakangan tahun itu, pembuat mobil Korea itu mengatakan telah menginvestasikan tambahan US$250 juta ke dalam kemitraan untuk membuat jaringan program percontohan EV di seluruh wilayah.

Baca Juga :  Sempat Bersitegang, Driver Taksi Online dan Sopir Angkot Didamaikan Dishub Kota Probolinggo

(TOW)

Artikel ini telah tayang di liputan6.com

Loading...