Hengkang dari Grab, Pemuda Ini Fokus Bangun Usaha Kuliner

Resign dari pekerjaannya di sebuah perusahaan besar dengan kedudukan tinggi menjadi keputusan penting dalam hidup Elang Merayu Sukma (33), pengusaha asal Lampung yang sukses dan tinggal di Tegal, Jawa Tengah.

Rupanya resign, menjadi jalan suskes menjadi wirausahawan muda yang mandiri. Elang bisa fokus membangun usaha. Kini, ia pun memiliki belasan usaha kuliner yang tersebar di Tegal dan Jakarta.

Elang mengaku pernah bekerja di dua perusahaan besar di Jakarta. Yaitu di PT Grab Indonesia sebagai Head of Quality Control dan Training, dan PT Offshore Works Indonesia sebagai Senior HSE Executive.

Sementara awal mula kesukaan dengan usaha kuliner, ketika di tahun 2017, bersama teman-temannya melihat potensi bisnis kuliner di Jakarta yang menjanjikan. Saat itu, ia masih bekerja di perusahaan.

Dari situlah mulai mencoba kolaborasi atau patungan sama temannya di Jakarta untuk membuka usaha kuliner. Tidak disangka, berjalanya waktu usaha itu menghasilkan.

“Awalnya kolaborasi bersama teman buka usaha kuliner di Jakarta, alhamdulillah usahanya jalan dan pada tahun 2018 mulai buka di Tegal, pindah ke Tegal,” tutur Elang saat berbincang dengan PanturaPost.com, Senin (5/12/2022).

Dengan berjalanya usaha kuliner di Jakarta, lanjutnya, kemudian mulai mengembangkan usaha kulinernya di wilayah Tegal. Hingga kini ada beberapa tempat kuliner yang di Tegal terus berkembang.

“Pelan-pelan usaha kuliner yang saya buat dari kolaborasi bersama teman dan usaha sendiri mulai berjalan. Pada tahun 2019 akhirnya saya memutuskan resign atau berhenti dari suatu jabatan yang menjanjikan itu,” ujar Elang.

Keputusan berhenti dari perusahan PT Grab membuat Elang menjadi wirausaha muda yang berkembang di bidang kuliner. Namun perjalan usaha kulinernya tidak semuanya berjalan dengan mulus.

Cobaan mulai datang di tahun 2020 saat pandemi COVID-19 melanda.”Lagi fokus-fokusnya membesarkan usaha kuliner ada pandemi COVID-19, lumayan babak belur,” tutur Elang.

“Banyak outlet tutup dan pengurangan karyawan. Apalagi waktu itu Kota Tegal sempat di-lockdown dan dipasangi beton,” ungkapnya.

Elang merupakan lulusan Sarjana Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro Semarang. Kini sedang meneruskan S2 di Magister Manajemen UPS Tegal.

Elang mengungkapkan, usaha kuliner pertama di Tegal adalag Steaknation Tegal, Up 2 You Resto dan Soto Hj Silah. Konsepnya cafe, untuk anak muda dan tempat nongkrong, namun saat pandemi itu dilarang nongkrong.

“Karena konsepnya cafe, fokusnya di dine-in dan saat pandemi COVID-19 dilarang nongkrong akhirnya usaha kuliner ditutup semua,” ucap Elang.

Meski pandemi membuat usaha kulinernya tutup, Elang tidak menyerah. Dirinya terus membuka usaha kuliner setelah pandemi mulai reda.

“Namanya usaha tidak semuanya lancar terus, pasti ada jatuhnya. Walaupun sekarang lebih fokus di wirausaha kuliner, masih ada juga teman-teman menanyakan tentang keberadaan saya, rata-kata kapan akan kembali lagi kerja di perusahaan. Tapi saya akan tetap fokus di usaha kuliner, karena biar dekat dengan keluarga,” kata Elang.

Kini, setelah pandemi reda, beberapa usaha kuliner di wilayah Tegal mulai dikembangkan lagi. Ada beberapa usaha yang sudah berjalan hingga saat ini.

Seperti Ayam Geprek Juara Tegal dan Roti Gembong Gamon Tegal. Sedangkan untuk yang kolaborasi seperti usaha Mak Sambal, Kangkung Bakar, Kan Kuy, Oseng Mercon Tegal.

Sementara usaha kuliner yang di Jakarta dengan sistem kolaborasi ada usaha Hore Steak, Roti Ropi, Hayo Ngopi, Soto Hj Amanah dan Beberapa Ayam Geprek Juara.

Dengan kembalinya usaha kuliner yang sempat terhenti karena pandemi, Elang mengaku akan terus membuka usaha kuliner lagi. Namun dengan model kolaborasi bersama UMKM Kota Tegal, agar lebih luas lagi jangkauannya.

“Kalau untuk usaha kuliner sekarang masih di wilayah Tegal dulu, ada beberapa mengajak kerjasama seperti di Semarang, Pemalang, Purwokerto, tapi saya belum berani untuk ekspansi dulu saat ini,” pungkas Elang.

(tow) Artikel ini telah tayang di panturapost.com

Loading...