Harkulnas GoFood, Omset Mitra UMKM Kuliner di Medan Naik 28 Persen

Ilustrasi HarKulNas Go-Food. (Sumber: GoJek Indonesia)

GoFood layanan pengatar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara sukses mengelar Program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) yang berlangsung sejak 1 April hingga 5 Mei 2020.

Program ini berhasil mendorong omzet mitra merchant di Medan naik lebih dari 28 persen.

1. Cara GoFood meningkatkan omzet 74.000 mitra usaha

Budianto Hariadi Vice President Regional Sumbagut Gojek Indonesia, mengatakan GoFood terus memaksimalkan pendapatan UMKM kuliner di tengah pandemi Covid-19. Layanan pesan antar makanan itu, berhasil meningkatkan omzet 74.000 mitra usaha melalui promo kuliner favorit selama program Harkulnas.

2. Dampak pandemi covid-19 dan physical distancing

Ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner selama pandemi Covid-19, terutama sejak diberlakukannya physical distancing. Namun dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, justru ada peningkatan dalam sebulan terakhir.

Baca Juga :  Cerita Perjuangan Ojek Online Antar Makanan ke Konsumen di Tengah Pandemi Corona

“Dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat (dine in) menjadi melakukan pemesanan makan secara online di rumah,” katanya dalam keterangan resmi pada Kamis (21/5/2020).

3. Manfaat program Harkulnas bagi UMKM

Banyak mitra usaha GoFood menggeser bisnisnya dari penjualan offline ke online sepenuhnya. Program Harkulnas menjadi salah satu cara untuk menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM.

4. Omzet mitra usaha meningkat di Harkulnas Medan

Di Medan, mitra usaha yang berpartisipasi pada program tersebut mencatat kenaikan pendapatan hingga 26% dan omzet lebih dari 28%.

GoFood turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan; memberikan promo ongkir pada pelanggan; mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku; serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

Baca Juga :  Pasca Bom Medan, Driver Ojol Tingkatkan Kewaspadan Saat Kirim Barang

5. Minuman dan makanan yang laris manis

Kopi menjadi minuman yang paling sering dipesan untuk mmenemani masyarakat yang semakin banyak bekerja dari rumah.

Ayam Geprek dan Aneka Nasi Goreng adalah tipe makanan yang paling banyak dipesan. Adapun, waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00-20.00 WIB sebelum Ramadan, serta pukul 16.00-19.00 WIB saat Ramadan.

6. Usaha kuliner berangsur pulih

Budianto menambahkan harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih semakin besar. Ini terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10% pada awal Mei, dibandingkan dengan pekan sebelumnya pada April. Beberapa merchant yang menjual snack atau camilan juga mengalami kenaikan transaksi 30% dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.

Baca Juga :  Tahun 2019, Jumlah Pelanggan GoFood Naik Dua Kali Lipat

“Hal ini karena perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” pungkasnya.

(transonlinewatch)

Loading...