Halodoc-Gojek Hadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive-thru Pertama di Jatim

(Foto: Sindo/Ali Masduki)

Dalam upaya menekan penyebaran virus Covid-19, Halodoc bersama Gojek berkomitmen dalam mendukung program vaksinasi Covid -19 tahap kedua dengan menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive-thru pertama di Jawa Timur (Jatim).

Tak hanya itu, Pos Pelayanan Vaksinasi yang terletak di Universitas Surabaya (Ubaya) ini mendapat support dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan RS Husada Utama (RSHU).

Bahkan Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS melakukan tinjauan lokasi secara langsung.

Dilansir dari TribunJatim.com, dalam tinjauannya, dr Maxi Rein Rondonuwu mengapresiasi kerjasama yang dilakukan Gojek dan Halodoc untuk membantu pemerintah mempercepat proses vaksinasi tahap 2 untuk lansia tersebut.

Kerjasama ini saya kira bagus, apalagi ditambah dengan kemungkinan ekspansi ke kota-kota lain. Lokasi yang dipilih di Universitas Surabaya juga sangat cocok untuk metode drive thru karena sejuk. Saya harap hal seperti ini bisa dilakukan hingga akhir tahun,” ujarnya.

Saat ini kita punya tantangan vaksinasi lansia dan pelayan publik yang harus selesai di akhir bulan Juni, karena itu strategi [drive thru] seperti ini dapat semakin mendekatkan kita dengan target yang ingin dicapai. Oleh karena itu, saya juga mengimbau bagi Pemkot Surabaya agar target peserta dapat diperbolehkan ke daerah lain di luar Kota Surabaya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Garda Dukung Langkah Gojek Gunakan Kendaraan Listrik

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan juga ikut mengapresiasi langkah Halodoc dan Gojek dalam mendukung program vaksinasi pemerintah.

Dengan pos pelayanan vaksinasi drive-thru pertama di Jawa Timur ini, kami berharap masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapatkan vaksinasi yang aman dan praktis,” ungkapnya.

Kami mendorong masyarakat khususnya kalangan lanjut usia untuk divaksinasi secara gratis dengan mendaftarkan diri mulai hari ini. Dengan partisipasi aktif seluruh kalangan, kami berharap Kota Surabaya semakin cepat keluar dari kondisi Pandemi,” tambahnya.

Sementara itu, VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc, Adeline Hindarto merasa bahagia dengan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan adopsi vaksinasi denhan metode Drive thru tersebut.

“Kami sangat menghargai kepercayaan pemerintah yang telah menggandeng kami (Halodoc) untuk meneruskan komitmen jangka panjang dalam membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia,” terangnya.

Jawa Timur manjadi salah satu lokasi prioritas bagi Halodoc dan pembukaan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 drive thru di Surabaya yang pertama ini tidak akan menjadi yang terakhir. Halodoc bersama Gojek akan terus menghadirkan pos pelayanan vaksinasi di berbagai lokasi di Jawa Timur dan menyusul di kota-kota lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Hore! Mitra UMKM GoJek Bisa Mengakses Pinjaman hingga Rp10 juta dengan Bunga Nol Persen

Pada pembukaan pos vaksinasi drive-thru hari ini, terlihat antusiasme masyarakat Surabaya dari kelompok lansia dalam mendapatkan vaksin. Ratusan orang terdaftar untuk mendapatkan vaksin pada hari ini, termasuk di antaranya mitra lansia Gojek.

VP Regional Public Policy and Government Relations Gojek, Gautama Adi Kusuma menyampaikan rasa terimakasih terhadap pemerintah kota Surabaya yang telah memberikan kepercayaan untuk berkolaborasi dalam mengadakan pos vaksinasi drive-thru pertama di Jawa Timur ini.

Kami mengapresiasi perhatian Pemerintah Kota Surabaya yang memberikan prioritas vaksin tahap kedua kepada kelompok masyarakat usia lansia dan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online, yang kami mulai dengan para mitra driver lansia kami,” ungkapnya.

Dengan diikutsertakannya Mitra Driver Gojek dalam program vaksinasi ini maka akan membantu mitra driver untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman bagi mitra dan pengguna layanan kami,” tambahnya.

Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 melalui drive-thru ini mampu mengakomodir hingga 1.000 vaksinasi per hari melalui pembukaan empat meja vaksinasi untuk dapat memfasilitasi penerima vaksin dalam jumlah besar tanpa harus mengantri lama.

Pasalnya, Pos Pelayanan Vaksinasi ini dibuka mulai hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08.00 – 16.00 WIB ditambah dukungan dari 22 tenaga kesehatan dari RS Husada Utama.

Baca Juga :  BEI Bujuk Gojek, Traveloka dan Tokopedia untuk Melantai di Bursa Saham

Dimana seluruh proses hanya membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit per orang.

Pemanfaatan teknologi berupa pendaftaran melalui aplikasi Halodoc maupun fitur GoMed pada aplikasi Gojek dan metode drive-thru efektif mencegah kerumunan sekaligus menjaga jarak, sehingga seluruh proses dapat berjalan dengan lebih aman dan nyaman, baik bagi penerima vaksin maupun tenaga kesehatan.

Sementara itu, Universitas Surabaya (UBAYA) dipilih sebagai lokasi pos pelayanan drive-thru pertama di Jawa Timur dengan pertimbangan lokasi lahan yang strategis serta sambutan positif dari rektorat.

Rektor Universitas Surabaya (UBAYA), Dr Ir Benny Lianto MMBAT mengaku akan mendukung inisiatif pemerintah dalam mensukseskan program vaksinasi.

“Kolaborasi Ubaya dengan Halodoc dan Gojek dalam menyelenggarakan pos pelayanan vaksinasi juga sejalan dengan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pengabdian masyarakat,” terangnya.

Tentunya Fakultas Kedokteran (FK) Ubaya juga turut mendukung kegiatan yang bermanfaat ini demi kesejahteraan bersama,” imbuhnya.

Satu diantara penerima vaksin, Nani Parfati (67) mengaku bahagia mendapat kesempatan untuk divaksin.

Senang sekali, Drive Thru ini memudahkan kami para lansia untuk melaksanakan vaksin dengan mudah dan cepat. Lega ya karena sudah divaksin tidak sakit dan saya berharap daya tahan tubuh saya akan menjadi lebih kuat,” ungkapnya.

(TOW)

Loading...