GoTo Grup Berkontribusi 2 Persen ke Ekonomi Nasional

Ilustrasi - Grup GoTo. (ANTARA/Grup GoTo)

Gojek dan Tokopedia resmi bergabung dan membentuk Grup GoTo. Pembentukan Grup GoTo ini disebut sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga sekarang.

GoTo disebut menyatukan kekuatan Gojek dan Tokopedia. Jadi, GoTo mengkombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi, hingga keuangan.

Umumnya, kebanyakan bisnis yang bergabung berasal dari bisnis serupa, tetapi tidak demikian dengan GoTo. Co-founder sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan penggabungan ini bersifat komplementer atau saling melengkapi. Kedua perusahaan bergerak di bidang jasa yang berbeda dengan ekosistemnya masing-masing.

Kami saling melengkapi. Gojek punya mitra driver lebih dari 2 juta. Tokopedia punya mitra UMKM lebih dari 10 juta. Dengan bergabung, kita punya akses ke lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan Gojek dan Tokopedia tiap bulannya,” beber William dalam siaran yang ditayangkan di kanal youtube Deddy Corbuzier, ditulis Rabu (23/6/2021).

Baca Juga :  Polwan Cantik Stop Driver-driver Ojol, Ada Apa?

Selain itu, William mengatakan GoTo Grup berpotensi menyumbang sekitar 2 persen terhadap ekonomi nasional. Gojek dan Tokopedia masing-masing berkontribusi 1 persen terhadap ekonomi nasional tiap tahunnya.

Tokopedia tiap tahunnya sudah kontribusi kurang lebih 1 persen ke ekonomi nasional. Gojek ternyata juga kontribusi 1 persen ke ekonomi nasional. Begitu gabung, ini jadi 2 persen kontribusinya ke ekonomi nasional,” kata dia.

Pada 2014, Tokopedia mengumumkan investasi senilai USD 100 juta dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital, bahkan disebut-sebut sebagai rekor di Asia Tenggara. Investasi ini merupakan investasi pertama SoftBank Internet and Media untuk perusahaan teknologi di Indonesia, demikian juga merupakan investasi pertama Sequoia Capital di Indonesia.

Baca Juga :  Dilengkapi Air Purifier Sharp, Silaturahmi Lebih Aman Pakai Gocar

SoftBank merupakan investor terbesar dari Alibaba di China, Yahoo Japan, Supercell (perusahaan game di balik Hay Day dan Clash of Clans). Sementara Sequoia Capital merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

Indonesia tidak lagi dianggap sebagai pasar. Tapi dianggap bisa melahirkan perusahaan kelas dunia yang bersaing dengan perusahaan raksasa.” kata William.

(TOW)

Artikel ini telah tayang di liputan6.com

Loading...