Google Maps Punya Fitur Baru, Permudah Pesan dan Ambil Makanan

Fitur baru Google Maps (screenshot Google Maps)

– Google Maps luncurkan fitur baru untuk memudahkan pengguna untuk mengirim makanan (delivery) atau membawa pulang pesanan makanan (take out) kala wabah Covid-19 akibat infeksi virus corona (SARS-CoV-2).

Fitur ini muncul untuk memudahkan pengguna yang tengah melakukan karantina diri untuk mengurangi penularan

Pilihan jalan pintas ini diluncurkan ketika wabah corona akan membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah.

Pengguna bisa menemukan jalan pintas pilihan delivery dan takeout pada bagian atas peta, tepat di bawah kolom pencarian. Aplikasi akan mempercepat pengguna memesan makanan.

Sebelum virus corona mewabah, kedua jalan pintas tersebut tidak ada. Kala itu jalan pintas hanya untuk mencari navigasi hotel, pom bensin, atau pasar swalayan.

Baca Juga :  Tolak Taksi Online, Ratusan Pengemudi Bentor di Gorontalo Demo

Cara menggunakannya cukup mudah, pengguna tinggal memindahkan titik di peta untuk mencari area sekitar. Apabila pengguna tidak memindahkan titik, maka titik akan menunjukkan area lokasi pengguna.

Selanjutnya, pengguna pilih delivery atau takeout. Google kemudian akan menunjukkan kepada pengguna seluruh restoran yang memiliki layanan tersebut di area yang pengguna sudah tentukan.

Namun, pengguna tak bisa langsung melakukan pemesanan seperti memesan makanan lewat GoFood atau GrabFood. Pengguna hanya bisa melakukan telepon atau memesan lewat situs restauran tersebut.

Itu pun kalau restauran tersebut menerakan nomor telepon dan jika situs mereka memiliki fungsi untuk pemesanan online.

Ketika terhubung dengan layanan Gojek dan Grab pun fitur ini tak bisa langsung memesan makanan. Pengguna malah terhubung dengan layanan transportasi kedua aplikasi itu alih-alih ke layanan pemesanan makanan atau pemesanan belanja seperti GoMart dan GrabMart.

Baca Juga :  GrabMart Hadir Di Medan, Bantu Masyarakat Belanja Kebutuhan Harian dari Pasar Tradisional Secara Online

Selain itu, Google sepertinya harus memperbaiki sistem algoritme delivery karena banyak menampilkan Pizza Hut Delivery dan Domino Pizza. Restoran besar lainnya seperti, McD, AW, dan KFC sangat sedikit muncul.

Algoritme takeout sudah cukup baik dengan menampilkan berbagai warung dan rumah makan. Dilansir dari TNW, jalan pintas ini terjadi bagi pengguna iOS, iPadOS dan Android.

Artikel ini telah tayang di https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200407172113-185-491330/wabah-corona-google-maps-punya-fitur-pesan-dan-ambil-makanan

Loading...