Gojek Sumbang Rp 100 M, Gabungan Grab, Tokped dan OVO Sumbang Rp 3 M untuk Penanganan Corona

Foto pengemudi ojek online saat menunggu penumpang, (ilustrasi).

Semakin meluasnya dampak dari penyebaran virus corona Covid-19 membuat perusahaan rintisan (startup) mulai menggalang dana.

Tujuannya beragam, mulai dari membantu penyediaan alat kesehatan sampai menolong pekerja sektor informal.

Hal ini juga dilakukan dua starup penyedia aplikasi trasnportasi online di Indonesia Gojek dan Grab.

Pihak Gojek dan Grab menyatakan telah menyediakan kompensasi untuk mitra pengemudinya yang terbukti terjangkit corona.

Pimpinan hingga karyawan di perusahaan teknologi, Gojek Indonesia, bersama-sama memangkas gaji mereka dan mendonasikannya untuk membantu ratusan ribu mitra perusahaan, baik pengemudi dan merchant. Inisiatif ini diluncurkan untuk membantu para mitra yang terus bekerja di tengah wabah virus Corona atau Covid-19.

“Mereka pahlawan tanpa pamrih, mereka yang terus bekerja dan berjuang di jalan,” kata Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dalam Media Conference Call di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020. Sampai hari ini, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp 100 miliar dan masih akan terus bertambah.

Baca Juga :  Bupati Temanggung Terbitkan Surat Edaran Larangan Ojek Online

Andre mengatakan, situasi ini pun membuat pendapatan dari para mitra Gojek pun ikut menurun. Sebab, mobilitas dari para pelanggan mereka berkurang dengan adanya himbauan bekerja dari rumah dan social distancing. Sehingga, dana bantuan ini pun dimaksudkan untuk mendukung stabilitas finansial mitra driver sambil mereka menunggu situasi kembali kondusif.

Dana bantuan bagi mitra ini berasal dari tiga sumber. Pertama, Co-CEO dan jajaran manajemen senior Gojek yang mendonasikan 25 persen dari gaji tahunan mereka selama 12 bulan ke depan. Kedua, anggaran kenaikan gaji tahunan seluruh karyawan Gojek. Ketiga, dana dari pihak lain, terutama para partner korporat Gojek, dilansir dari tempo.co.

Di sisih lain, Tokopedia, OVO, dan Grab mendonasikan masing-masing Rp 1 miliar (total Rp 3 miliar) untuk membantu memerangi COVID-19. Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis.

Baca Juga :  Mantap! Kontribusi Grab Untuk Perekonomian Bandarlampung Capai Rp 471 M

Bekerja sama dengan Benih Baik pimpinan Andy F. Noya, donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Bersama dengan BNPB RI dan berbagai mitra di industri, kami menyatukan suara, upaya dan semangat dalam memerangi COVID-19. Salah satunya adalah dengan menyumbang dana sebesar Rp 1 miliar dari Tokopedia dan membuka jalur donasi agar masyarakat juga dapat turut berkontribusi,” kata Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, dalam keterangan resmi, Selasa (24/3), dikutip dari kumparan.com.

transonlinewatch.com, dari berbagai sumber.

Loading...