GoFood ungkap 2 Jenis Pelanggan dan Menu Terlaris, Bisa jadi Inspirasi Usaha Kuliner

GoFood ungkap 2 Jenis Pelanggan dan Menu Terlaris

Layanan antar makanan daring dari Gojek, yakni GoFood merilis daftar tren kuliner yang paling diminati masyarakat Indonesia atau konsumen sepanjang tahun 2023.

“GoFood cukup beruntung karena kita memiliki berbagai macam data, dan dari data yang kita lihat kita jadi bisa menganalisa behavior konsumen selama setahun ke belakang,” kata Head of Business Food & Ads Gojek Satria Situmorang dalam acara konferensi pers GoFood di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Selasa 28 November 2023.

Menurut data dari GoFood, ada dua jenis konsumen yang telah menggunakan layanan mereka.

Pertama, kelompok masyarakat yang mengutamakan kebersamaan ketika makan, baik itu bersama teman, keluarga maupun kolega.

Ketika menentukan pilihan makanannya, mereka tertarik dengan banyaknya variasi menu yang ditawarkan, tetapi tetap melihat rating atau penilaian dari menu dan resto tersebut untuk menentukan pilihan.

Konsumen jenis ini dinamakan dengan societal eater.

Kedua, kelompok yang memprioritaskan harga yang terjangkau dan tidak terlalu mencari ragam makanan, serta cenderung memilih jenis makanan yang umum dan sederhana.

Untuk konsumen jenis ini, mereka dinamakan dengan functional eater.

“Ada tiga menu terlaris untuk kategori umum, pertama itu olahan mie, kedua varian roti, yang ketiga kopi susu,” kata Satria.

Tiga jenis makanan favorit ini dinilai berdasarkan menu terlaris (kategori umum) yang biasa dibeli konsumen melalui fitur GoFood.

Hal ini menunjukkan kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengonsumsi makanan manis sekaligus minum minuman dari kopi untuk membuat mereka tetap terjaga, terutama saat bekerja.

“Untuk menu hemat, orang Indonesia semuanya suka nasi ayam, yang kedua berbagai macam varian teh, yang ketiga gorengan-gorengan,” lanjutnya.

Berbeda dengan kategori makanan sebelumnya, tiga jenis makanan ini dinilai berdasarkan kategori menu hemat terlaris.

Menu hemat biasanya dipesan oleh konsumen dalam bentuk paket dan dipatok dengan kisaran harga Rp30 ribuan.

“Berangkat dari tren di 2023, maka Promo Nampol kami hadirkan dengan menggandeng brand-brand kuliner lokal yang menu-menunya sesuai dengan pilihan favorit pelanggan kami, baik secara rasa maupun harga,” kata Satria.

Promo Nampol ini menawarkan ragam menu hemat mulai dari Rp10 ribu di GoFood, serta ekstra diskon sampai dengan 35 persen mulai tanggal 27 November 2023 hingga 14 Januari 2024 di seluruh Indonesia.

Selain itu, di program ini GoFood bekerja sama dengan sejumlah resto lokal favorit masyarakat, antara lain Teguk, Bangor, Kopi Kenangan, Moon Chicken, dan Hokben.

(tow) Artikel ini telah tayang di fin.co.id

Loading...