“Gandakan Kebaikanmu, #BangkitBersama Ojol” Inisitif GoPay Bantu Garda Terdepan

Perwakilan dari GoPay saat menyalurkan bantuan kepada mitra pengemudi yang terdampak pandemi Covid-19.

Mengacu data Satgas Covid-19, tren penyebaran virus Covid-19 pada saat ini cenderung mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Satgas mencatat, pada Selasa (23/11/2021), jumlah kasus baru yang terinfeksi Covid-19 hanya mencapai 394 orang.

Meskipun tren penyebaran virus Covid-19 tengah mengalami penurunan, namun kewaspadaan harus tetap dijaga dengan selalu menjalankan protokol kesehatan, dan memanfaatkan layanan digital agar terhindar dari kontak langsung guna meminimalisir terkena penyakit.

Jika dilihat kilas balik ke belakang, upaya bersama untuk menekan angka penyebaran Covid-19 tidak terlepas dari peran driver ojek online (ojol) yang senantiasa membantu masyarakat saat menjalankan protokol kesehatan.

Peran driver ojol selama pandemi memang patut mendapatkan apresiasi. Di tengah ancaman virus, mereka senantiasa membantu setiap orang dalam memenuhi berbagai kebutuhan, sekaligus membantu roda perekonomian tetap berjalan di tengah pemberlakuan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

Salah satu driver yang sempat terinfeksi Covid-19 adalah Haris Rahmanto.

Pria yang menjadi pengemudi Gojek sejak Juni 2019 ini menceritakan pengalamannya saat terinfeksi virus Covid-19. Saat terinfeksi, ia mengatakan, sempat merasakan gejala seperti sesak napas.

Awalnya, ia hanya menganggap gejala tersebut sebagai penyakit masuk angin biasa. Namun, setelah beristirahat dan meminum obat, gejala tersebut tidak kunjung reda.

“Saya punya inisiatif untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah dengan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” kata Haris.

Bagi Haris dan pengemudi ojol lainnya, isolasi mandiri selama 14 hari merupakan ujian yang begitu berat. Selama proses itu, selain harus fokus agar kesehatannya membaik, mereka juga terpaksa tidak bisa bekerja, dan secara otomatis memberi beban pada perekonomian keluarga.

Untuk membantu para mitra driver yang telah menjadi garda terdepan, GoPay berinisiatif mengadakan donasi “Gandakan Kebaikanmu, Bangkit Bersama Ojol” lewat platform galang dana Kitabisa.com, yang berlangsung dari 15 September sampai 30 November 2021.

Dalam inisiatif ini, GoPay menggandakan setiap nominal donasi yang diberikan publik sebesar dua kali lipat. Hasil donasi disalurkan kepada mitra driver untuk membeli obat, vitamin, kebutuhan pokok, dan produk kesehatan lainnya selama menjalani isolasi mandiri.

Selain membantu mitra driver, donasi ini juga berfungsi sebagai sumbangan tambahan, melengkapi bantuan pendapatan yang telah diberikan oleh Gojek. Selama pandemi, Gojek selalu berusaha untuk membantu mitra pengemudi agar kesehatan mereka terjaga, dan kebutuhan sehari-harinya tetap terpenuhi, khususnya saat menjalankan isolasi mandiri.

Nah, bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam meringankan beban pengemudi ojek daring, bisa langsung melakukan donasi dengan mengklik link di sini.

(transonlinewatch.com) Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com

Loading...