Gairahkan UMKM, Pemkab Kendal Jalin Kerja Sama dengan Tokopedia dan Gojek

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menjalin kerja sama bidang digitalisasi dua perusahaan Starup Unicorn Indonesia.

Kerjasama yang dijalin, yakni pengembangan ekonomi digital dan pelayanan publik dengan PT Tokopedia, serta kerjasama ekonomi digital dan pelayanan publik dengan PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek).

Kerjasama dilakukan sebagai penjabaran program 100 hari Bupati Kendal Dico M Ganinduto. Penandatanganan naslah kesepahaman (MoU) dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Senin (23/3) seperti dilansir dari RMOLJateng.com.

Kerjasama ini tentunya harus saling menguntungkan dan akan efektif serta efesien dalam membangun Kendal. Kami berkomutmen meningkatkan ekonomi digital untuk pertumbuhan ekonomi Kendal,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Melalui kerjasama ini, kata Dico, untuk membuat terobosan menuju Kendal sebagai smart city.

Selain itu, pemkab Kendal juga menggandeng Bank Jateng, BNI, BRI dan PT IGN dalam pengelolaan taman kota, lingkungan hidup dan percepatan pengembangan UMKM.

Baca Juga :  Terungkap 5 Alasan Transfer #LebihEnak Pakai GoPay

Kerjasama dengan pihak ketiga ini, untuk menggairahkan UMKM agar dapat mendongkrak perekonomian warga.

Pemkab Kendal memastikan UMKM akan tumbuh dengan baik dan bisa membuka lapangan kerja. Kami juga akan memberikan pelatihan agar UMKM terus berkembang, apalagi di tengah pandemi saat ini” tegas Dico.

Dalam kesempatan itu. Bupati Kendal juga menandatangani tiga peraturan bupati.

Perbub yang ditandatangani tentang pengendalian sampah plastik, Perbup tentang jaminan kematian dan Perbub tentang dana Rp100 juta per dusun.

Perbup pengendalian sampah dilakukan sebagai upaya pengurangan penggunaan plasstik di masyarakat. Pelaku usaha tidak boleh menggunakan kantong plastik, stirofoam dan pipet plastik. Setidaknya kita lakukan mulai dari sekarang,” tambahnya.

Baca Juga :  Paket Dikembalikan Batman, Ratusan Driver Ojol Terkejut Sekaligus Gembira

Sementara untuk Perbup aturan penggunaan dana Rp100 juta akan memprcepat desa menjadi kuat, maju dan sejahtera dengan bantuan khusus untuk pemberdayaan masyarakat berbasis dusun.

Perbup ini merupakan wujud dari visi misi kami dan dana dusun Rp 100 juta akan diupayakan di anggaran perubahan. Program ini akan dilaksanakan mulai tahun 2022. Untuk tahapan awalnya tidak bisa dilakukan seluruh dusun, nantinya tiap desa ada dusun yang akan menjadi percontohan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala LPMP Jawa Tengah Harmanto, mengatakan, pandemic akan berdampak pada dunia pendidikan.

Pandemi yang tidak berakhir cepat ini menjadi tuntutan bagi siswa dan guru. Untuk proses belajar mengajar akan dilakukan setelah pandemi. Dengan era digital seperti sekarang ini, bagaimana mengemas pembelajaran di kelas karena sudah terbiasa dengan gadget yang menjadikan guru tertinggal,” katanya.

Baca Juga :  Mengenal OTP, Kode Rahasia yang Jadi Incaran Peretas

Direktur SDM PT Industri Gula Nusantara (PT IGN) Kendal, Muhammad Sonhaji mengatakan, pihaknya diberi tugas untuk memperbaharui beberapa taman kota yang ada di Kabupaten Kendal.

Saat ini kita mengambil Taman Tugu PKK di Kecamatan Patebon, yang akan kita perbaiki sedemikian rupa. Semoga taman itu nantinya bisa digunakan sebagai tempat bermain anak,” katanya.

Menurut Sonhaji, tidak banyak yang diubah, karena Taman Tugu PKK sudah menjadi ikon. Taman bermain anak akan dipercantik dengan aneka tanaman.

Bantuan pembangunan taman bermain anak ini, diharapkan dapat dinikmati anak-anak sebagai tempat bermain dengan lingkungan yang bersih dan hijau,” ujarnya.

(TOW)

Loading...