Duh! Pengemudi Ojol Ini Lakukan Hal Berbahaya, Pengen Viral?

msn/kompas.com

Transonlinewatch.com – Kelakuan pengendara motor di Indonesia memang beragam, ada saja yang nyeleneh. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun indorider150up, pengendara ojol membuntuti bus dalam jarak yang dekat.

Aksi tempel bus ini berlangsung dari awal video sampai selesai. Padahal bisa dilihat di sisi kiri bus jalanan cukup lengang, tapi pengendara ojol ini tetap berada tepat di belakang, menempel laju bus.

Menanggapi kejadian seperti ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kelakuan pengendara ojol ini sangat berbahaya.

“Ketika bus di depannya mengerem tiba-tiba atau mendadak maka kemungkinan motor tersebut juga bisa saja menabrak bus karena jarak pengereman yang terlalu dekat,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Lalu kalau pun rem motor tadi pakem, bisa saja roda depan mengunci dan pengendara tadi malah terjatuh. Jadi kelakuan pengendara yang menempel ketat bus ini hanya bikin celaka, tidak ada untungnya.

“Padahal pada posisi motor tersebut tidak diketahui pengemudi bus karena masuk ke titik buta (blindspot),” ucap Agus.

Jadi sekalipun pengendara tadi jatuh karena bus yang rem mendadak, pengemudi bus tidak tahu dan tidak bersalah. Pengendara seperti ini bisa dibilang cuma cari sensasi saja, ingin viral.

“Biasanya pengendara seperti ini hanya mencari sensasi saja dan mungkin dia juga tahu hal yang dilakukannya berbahaya namun agar dapat dilihat orang lain maka dia lakukan untuk kepuasan dirinya,” ucapnya.

(tow) Artikel ini telah tayang di msn/kompas.com

Loading...