DP3AK Jatim Hadirkan Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online di Gresik

infopublik.id

Transonlinewatch.com – Setelah berhasil meluncurkan program ‘Ayo Ngaji Bareng Gaspol’ (Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online) di Kota Surabaya, kali ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur melebarkan sayapnya dengan melaksanakan program ini di Kabupaten Gresik.

“Sesuai namanya, ‘Ayo Ngaji Bareng Gaspol’ (Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online), kegiatan ini diikuti para perempuan yang berprofesi sebagai ojek online (ojol) di Kabupaten Gresik,” ujar Kepala DP3AK Provinsi Jatim, Restu Novi Widiani, Kamis (4/8/2022).

Restu menjelaskan, Program Gaspol di kabupaten Gresik nanti akan diformalkan berupa komunitas dengan membentuk kepengurusan, yang terdapat ketua dan sekretarisnya. Pengajian ini bahkan akan dirutinkan, dan tak hanya diperuntukkan ojol perempuan yang beragama Islam, namun untuk yang beragama lain juga akan diwadahi.

“Kami bekerjasama dengan Muslimat NU kabuapten Gresik untuk acara pengajian ini. Kegiatannya akan ada istighosah dan ceramah agama. Tujuannya apa, untuk meningkatkan kembali keimanan para ojol perempuan ini. Memang untuk sementara kami tidak bisa menyentuh semuanya, tapi skala prioritas dulu. Sekarang single mom dulu,” ujarnya.

Dalam pertemuan ngaji ini, sambung Novi, juga bisa jadi ajang curhat para ojol perempuan mengenai keluhannya. Selain itu, juga bisa dimanfaatkan untuk sosialisasi pemberdayaan perempuan. Sebab mereka sangat rawan terkena kekerasan.

(tow) Artikel ini telah tayang di infopublik.id

Loading...