Dirut Telkomsel Jelaskan di DPR, Proses Investasi TSEL di GOTO Sesuai Aturan dan Regulasi

Rapat Panja DPR dengan Dirut Tekom dan Telkomsel bahas investasi GoTo. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Transonlinewatch.com – Panitia kerja (Panja) Investasi BUMN Komisi VI DPR menggelar rapat untuk membahas investasi BUMN Telkom dan Telkomsel di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Selasa (14/6). Panja memanggil Dirut Telkom Ririek Hardiansyah dan Dirut Telkomsel Hendri Mulyana Syam.

Hendri menjelaskan perjalanan investasi Telkomsel di GoTo. Telkom awalnya berencana melakukan penyertaan modal ke Gojek melalui MDI Venture.
 “Tahun 2019, Gojek telah terbukti sebagai SuperApp dengan multi ekosistem selain transport seperti Gofood, Gosend, Gopay, dan Paylaterm dan lain-lain. Sehingga Telkomsel melakukan penyertaan modal ke Gojek dengan pendanaan mandiri mulai tahun 2020,” ujar Hendri dalam rapat dengan Panja Komisi VI DPR, Selasa (14/6).

Di tahun 2022, ada lima inisiatif pengembangan kolaborasi baru yang sudah direncanakan. Hendri mengatakan potensi sinergi dan peluang investasi antara Telkomsel dan Gojek mendorong keputusan investasi di Gojek sejalan dengan strategi perusahaan.

Gojek menjadi pilihan yang tepat, karena memiliki layanan digital dan model bisnis yang jelas sehingga mendorong potensi sinergi yang kuat.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Sjam. Foto: Telkomsel

“Sinergi antara TSEL dan GoTo akan mendorong percepatan transformasi digital bagi masyarakat Indonesia. Dengan demikian, TSEL akan memiliki peluang untuk melakukan akuisisi pelanggan terutama di ekosistem digital,” katanya.

Menurut Hendri, Gojek memiliki ekosistem teknologi beragam dengan tiga sisi kekuatan antara pengguna, mitra driver, dan pengusaha makanan. Kekuatannya dalam pengiriman makanan, dompet digital, UMKM, logistik menjadikan mitra yang ideal untuk membawa sinergi ke Telkomsel.

Proses investasi Telkomsel di GoTo telah mengikuti tata kelola perusahaan yang baik sesuai peraturan perusahaan dan regulasi yang berlaku. Proses melibatkan berbagai pihak baik di internal maupun penasihat finansial dan legal eksternal.

Nilai investasi telkomsel saat IPO GoTo setara 1,25 kali nilai awal investasi. Hingga kemarin (13/6), nilai investasi mencapai 1,44 kali.

(tow) Artikel ini telah tayang di kumparan.com

Loading...