Antusiasme Puluhan Driver Ojek Online di Blora Ikuti Pelatihan Safety Riding

Puluhan driver ojek online mendapat palatihan safety riding dari Satlantas Polres Blora, Sabtu (17/3/2018). Kegiatan ini digelar dalam rangkaian pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 yang dilangsungkan hingga 25 Maret mendatang.

Pelatihan pada driver ojek online diawali dengan pembinaan dan penyuluhan yang disampaikan Kanit Dikyasa Iptu Yoga. Ada berbagai hal disampaikan pada sesi ini. Antara lain, terkait hal-hal yang mengakibatkan kefatalan dalam berkendaraan yang berujung pada laka lantas. Kemudian, pentingnya etika berlalu lintas di jalan raya juga ikut disampaikan.

Baca:

Driver ojek online juga dibekali tentang tata cara berkendara yang baik dan benar dengan mengutamakan keselamtan. Lalu, mereka dibekali tips persiapan sebelum berkendara, cara menghindar dan cara membonceng yang benar.

Baca Juga :  Tanpa Kontak, Grab Luncurkan Kampanye Siap Antar Ramadanmu

Setelah teori, para peserta diminta mengendarai sepeda motor dengan lintasan yang sudah dipersiapkan dihalaman belakang mapolres. Lintasan tersebut bentuknya hampir sama seperti dalam ujian praktek SIM C. Yakni ada lintasan zig-zag, putar angka delapan, berbalik arah (leter U) dan pengereman atau menghindar.

Kanit Dikyasa Iptu Yoga menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan mengingat keberadaan ojek online di Kabupaten Blora sudah banyak peminatnya. Dengan pembekalan dan pengetahuan safety riding tersebut, diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian atau pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi.

“Kecelakaan lalu lintas moyoritas didominasi pengendara sepeda motor. Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan safety riding ini sangat penting sebagai langkah edukasi, tujuannya mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Baca Juga :  Disambut Positif Masyarakat, 50% Pengguna Go-Jek Bayar Pakai Go-Pay

Beberapa driver ojek online mengapresiasi adanya kegiatan yang dilakukan Satlantas Polres Blora tersebut. Melalui kegiatan itu, mereka mendapat banyak tambahan pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar.

(murianews/tow)

Loading...