Customer Keluhkan Praktek Manipulasi Ongkos Kirim Kurir Sameday oleh Shopee

Saya adalah penjual di Shopee sejak 5 tahun lalu. Pada tanggal 18 Maret 2021, toko saya mendapatkan order dengan nomor pesanan 210318PCP4NND2 menggunakan kurir Grab Sameday. Transaksi tersebut selesai pada tanggal 20 Maret 2021. Saya terkejut melihat rincian pendapatan saya di transaksi itu dipotong ongkos kirim Rp. 8400 padahal seharusnya normalnya ongkos kirim ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.

Pada hari yang sama tanggal 20 Maret 2021, saya melaporkan masalah ini ke CS Shopee dan memperoleh tanggapan bila dana tersebut akan dibayarkan ke saldo penjual dalam estimasi waktu 2-3 hari ke depan. Namun mereka juga menyatakan bila perbedaan ongkos kirim disebabkan oleh perbedaan alamat toko yang dicantumkan dengan titik penjemputan, dan saya diminta untuk mengatur kembali titik alamat penjemputan agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Saya juga seperti diultimatum per tanggal 20 Maret 2021 apabila pesanan selanjutnya melakukan pengiriman dan titik penjemputan yang sama maka klaim dana ongkos kirim tidak dapat dibayarkan bila terdapat selisih lagi.

Baca Juga :  Kutip 2 Peso Permenit ke Pelanggan, Grab Filipina Disoal

Aneh sekali, toko saya selama 5 tahun menggunakan alamat dan titik penjemputan itu tanpa kendala apapun karena memang sudah tepat. Apa untungnya bagi saya mengubah titik penjemputan sedangkan ongkos kirim sepenuhnya dibayar oleh pembeli? Secara logika, pembeli bisa dari mana saja, bisa jauh atau dekat dari lokasi titik toko saya. Keuntungan apa yang didapat oleh penjual dengan mengubah/ menggeser titik penjemputan? Malah kurir/ driver jadi kesulitan menemukan alamat saya bukan? Kecuali dari pihak pembeli yang bisa mengubah/ menggeser titik supaya ongkos kirim samedaynya bisa lebih murah. Shopee juga bisa cek di sistemnya apakah saya ada mengubah titik penjemputan selama 5 tahun ini?

Baca Juga :  Mitranya Rampok dan Sekap Penumpang, Ini Tanggapan Grab

Perlu diketahui, setiap hari saya ada pesanan penjualan menggunakan kurir sameday/ instant tapi tidak ada masalah sama sekali. Mengapa hanya 1 pesanan ini yang bermasalah dan Shopee langsung menuduh saya mengubah/ menggeser titik penjemputan?

Beberapa kali saya mengalami kendala di Shopee, CS via e-mail selalu bermasalah dan terkesan semena-mena terhadap penjual seperti tidak dibekali knowledge yang memadai. Sistem Shopee yang berkendala kenapa penjual selalu yang dirugikan dengan menuduh penjual tanpa dasar. Sebagai info, sudah 2 kali saya bermasalah dengan CS Shopee via e-mail sampai saya harus memuat surat di Media Konsumen baru bisa selesai masalahnya. Apa maksud Shopee menyatakan per tgl 20 Maret 2021 bila ada kasus seperti ini tidak akan ada lagi pengembalian selisih ongkir? Seperti sudah ada perencanaan melakukan pungli seenaknya.

Baca Juga :  Target Dinaikkan Sepihak, Sejumlah Driver Grab di Palopo Berang

Hati- hati bagi penjual di Shopee, saya sarankan setiap transaksi penjualan selesai harus cek saldo penghasilannya dengan teliti.

Yuliana Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya, seperti dilansir dari MediaKonsumen.com

Loading...