Cerita Merchant GoFood Terbantu GoModal dan Fitur Super App Gojek Lainnya

Senior Account Executive Gojek Indra Prasetia bersama Owner Ayam Geprek COC Hendry Prabowo di Bincang Bisnis UMKM (BBM) yang digelar dari studio Tribun Medan, Senin (21/12/2020). TRIBUN MEDAN/SEPTRINA AYU

Dalam memudahkan pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya, Gojek menghadirkan berbagai inovasi salah satunya dengan GoBiz. Di aplikasi ini pelaku UMKM yang bergabung menjadi merchant GoFood bisa dimudahkan dalam menjalankan usaha mulai permodalan hingga pemasaran dengan berbagai promosi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Account Executive Gojek Indra Prasetia dalam Bincang Bisnis UMKM (BBM) yang digelar dari studio Tribun Medan, Senin (21/12/2020).

Ia mengatakan GoBiz menawarkan banyak fitur yang memudahkan merchant GoFood.

Banyak yang tahu aplikasi Gojek tapi enggak banyak yang tahu apa saja yang ada di Gojek. Misalnya jika merchant GoFood mengadakan promo maka tokonya akan muncul di halaman depan,” katanya.

Ia mengatakan meski merupakan aplikasi, GoBiz sangat mudah digunakan. Jika menemukan kesulitan pihaknya juga siap membantu.

Kalau sudah dicoba ternyata gampang. Ada beberapa outlet kita yang pemiliknya merupakan ibu-ibu yang sudah berumur bahkan lansia. Tapi ternyata satu hari kita ajari mereka bisa. Kalau ada kesulitan, mereka langsung tanya ke tim GoFood,” katanya

Adapun fitur yang ditawarkan GoBiz misalnya fitur dari penerimaan pesanan, fitur kasir yang bisa mencatat pesanan dine in, fitur yang mencatat semua transaksi dengan GoPay, fitur promo, hingga GoModal yang mempermudah merchant GoFood mendapatkan akses permodalan.

Baca Juga :  Sinergi Telkomsel dan Gojek Menguntungkan Semua Pihak

Semua fitur ini juga terus diperbarui. Misalnya fitur promo yang kini makin lengkap. Dimana melalui fitur ini, selain bisa menyelenggarakan promo, merchant bisa tahu seefektif apa promo yang sudah dibuat, menu apa yang paling laku, dan data lainnya.

Sedangkan fitur GoModal sendiri sudah ada sejak awal tahun 2020. Namun kini sudah kita upgrade juga, pinjam modal yang sudah semakin mudah, dulu harus melalui telpon dulu agar diproses. Sekarang sudah bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi GoBiz saja,” lanjutnya.

Kata Indra dalam mendapatkan akses modal melalui GoModal juga tidak sulit. Syaratnya harus punya aplikasi GoBiz dan terdaftar sebagai merchant GoFood. Selain itu harus terdaftar dalam kurun waktu minimal satu hingga tiga bulan.

Dananya akan cair lebih kurang dua hari kerja. Untuk besar pinjamannya tergantung dengan besar usahanya di GoFood. Nanti akan ada survey lagi. Untuk pencicilan bisa dilakukan per bulan bahkan per hari. Jadi pelaku UMKM yang menjadi merchant GoFood bisa mencicil per hari agar lebih ringan,” katanya.

Salah satu merchant GoFood yang sudah memanfaatkan fitur GoModal ini adalah Ayam Geprek COC. Owner Ayam Geprek COC Hendry Prabowo yang turut hadir dalam BBM mengatakan fitur GoModal ini sangat membantu untuk mendapatkan tambahan modal.

Baca Juga :  Lansia Surabaya Kini Bisa Vaksinasi COVID-19 di Pos Layanan Drive Thru Halodoc-Gojek

Jadi bisa dapat tambahan modal dengan mudah. Bukan hanya GoModal yang membantu sih, tapi fitur Super App Gojek lainnya juga sangat memudahkan dalam menjalankan bisnis,” katanya.

Ia menceritakan Ayam Geprek COC sudah memiliki empat cabang. Ayam Geprek ini ada sejak 2018, namun Hendry sudah mengembangkan Cafe of Coffee (COC) di tahun 2015.

Lalu tahun ini pandemi jelas berdampak pada bisnis. Saat pandemi ini bukan cuma COC yang mengalami dampak penurunan omzet. Strategi yang kita lakukan tetap dengan memberikan promosi, baik dari kami maupun Gojek. Kami juga membuat menu baru yang kemungkinan disukai oleh masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan di awal pandemi ini, ia bahkan menutup layanan dine in dan hanya melayani penjualan secara online. Namun semua bisa tertutupi karena bisnis masih bisa berjalan secara online.

Dikatakan Hendry, Super App Gojek membuka peluang baru yang lebih luas lagi baginya dalam menjalankan bisnis.

Kami mendaftar GoFood pada 2018. Sejak saat itu kami melihat ada peluang karena selain bisa menggaet customer secara offline kami juga bisa menggaet customer secara online,” katanya

Baca Juga :  Kantin Cabin Kampus FTI UMI Bisa Order GoFood

Diakuinya saat awal menggunakan aplikasi pasti ada kebingungan karena belum terbiasa. Namun seiring berjalannya waktu ia bisa memaksimalkan penggunaan semua fitur pada aplikasi ini.

Kesulitan dalam menggunakan aplikasi menurut saya enggak ada karena sejak awal kami sudah diberi tahu oleh pihak Gojek bagaimana penggunaannya, bagaimana promonya, dan sebagainya. Awalnya pasti ada yang bingung tapi kita pelajari dan cari tahu, ternyata aplikasinya bagus,” katanya.

Dengan luasnya market yang bisa digaet, bergabung ke Gojek bisa menambah omzet Ayam Geprek COC. Apalagi dengan adanya promo dan banyaknya masyarakat yang belum bisa bebas keluar rumah saat ini.

Dari sisi omzet, penjualan secara online bahkan lebih besar dari pada offline saat ini. Sekitar 70 persen omzet berasal dari penjualan online. Hal ini karena GoFood bisa memudahkan masyarakat memesan makanan tanpa perlu datang langsung apalagi dengan promo yang ditawarkan makanya masyarakat semakin senang berbelanja dari GoFood,” pungkasnya, seperti dilansir dari Tribun-Medan.com.

(TOW)

Loading...