BTN Perluas Akses KPR ke Pekerja Informal, Salah Satunya Ojek Online

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, pihaknya berkomitmen memperluas akses kredit kepemilikan rumah (KPR), baik KPR Subsidi maupun Non Subsidi, bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Adapun masyarakat yang sering tidak disentuh perbankan secara umum adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau berpenghasilan tidak tetap, seperti kalangan pekerja di sektor informal,” kata Maryono, usai menyaksikan acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan PPRG di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1).

Maryono menilai, di segmen MBR pihaknya lebih unggul karena berani membuka kerja sama dengan institusi dan kounitas yang menaungi kalangan pekerja sektor informal.

“Kami melihat bahwa ada komitmen yang kuat dari para anggota komunitas pekerja informal untuk memiliki tempat tinggal. Sehingga, dibutuhkan layanan jasa perbankan yang mumpuni,” tegasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesejahteraan Driver Taksi Online, Berikut Solusi dari Menhub Budi Karya Sumadi

Sebagai catatan, Bank BTN membantu pemerintah menyalurkan KPR Subsidi lewat program kemitraan dengan swasta, seperti tukang ojek online yang dipayungi perusahaan seperti Grab dan Go-Jek, serta pengemudi taksi yang bekerja di bawah naungan PT Blue bird Tbk.

Baru-baru ini, Bank BTN juga membantu program pembangunan rumah swadaya bagi guru honorer dengan program ABCG (Akademisi, Business, Community and Government) yang dibundel dengan KPR mikro.

“Kami terbuka untuk kerja sama lain dengan swasta terutama yang menaungi ribuan pekerja informal yang memimpikan perumahan yang layak bagi keluarganya, asalkan memenuhi sejumlah persyaratan yang berlaku,” tandasnya.

(beritasatu/tow)

Loading...