4 Tips untuk Pengguna Angkutan Umum Agar Aman di Tengah Pandemi

Selalu mengikuti protokol kesehatan selama menggunakan transportasi umum. (Foto: Commuter Line)

Pemda DKI Jakarta sudah menarik rem darurat alias akan memberlakukan kembali PSBB secara ketat seperti pada awal masa pandemi. Salah satu klaster dari penyebaran virus ini adalah tranportasi umum.

Protokol kesehatan itu bukan hanya untuk pengelola kendaraan umum. Tapi kesadaran diri terhadap kebersihan juga harus ditingkatkan. Buat kamu yang ingin menggunakan transportasi umum kamu dapat melakukan beberapa tips dari dibawah ini agar meminimalisir penularan COVID-19, seperti dilansir dari merahputih.com.

1. Sebelum berpergian

Selalu patuhi protokol kesehatan. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

Hal ini perlu kamu perhatikan ya. Sebelum berpergian kamu harus menerapkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Perhatikan imbauan petugas yang ada di lokasi atau jalan. Kalau angkutan umum penuh sebaiknya menunggu kendaraan berikutnya. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer atau di tempat cuci tangan yang tersedia.

Baca Juga :  Ojek Online Angkut Penumpang, Polda Metro Ikut Arahan Luhut Pandjaitan

2. Saat berada dalam angkutan umum

Hindari kerumunan. (Foto: Pexels/Life of Wu)

Tips ini lebih ke kesadaran diri kamu. Saat berada didalam kendaraan umum kamu harus menghindari kerumunan. Kamu juga dapat memilih kendaraan umum yang memiliki kapasitas penumpang yang terbatas untuk mencegah penularan virus. Seperti taksi reguler atau online, ojek online, dan masih banyak lagi. Pilih transpotasi yang memiliki kapasitas penumpang yang terbatas.

Jangan lupa selalu menggunakan masker, hindari menyentuh area wajah dan selalu menjaga jarak aman minimal 1 meter dengan penumpang lain. Kalau kamu masih takut kamu juga bisa menggunakan face shield saat berada dikendaraan umum.

3. Sampai tujuan

Cuci tangan yang rajin. (Foto: Pixabay/Couleur)

Nah kalau kamu sudah sampai tempat tujuan jangan lupa cuci tangan. Mencuci tangan diyakini dapat menghindarkan menulari dan tertular virus. Cuci tangan dengan benar, seperti yang banyak dihimbau dalam protokol kesehatan. Saat kamu sampai tujuan tetap pakai masker. Jangan pernah menyepelekan kegunaan masker.

Baca Juga :  Aktifkan GoRide di Pekanbaru, Gojek Terapkan Protokol Keamanan dan Kesehatan

4. Kembali ke rumah

Jangan bawa masuk jaket, tas atau barang lainnya ke dalam rumah. (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Setelah kamu sampai kembali kekediamanmu jangan lupa lepaskan semua perlengkapan yang kamu gunakan. Seperti masker, sepatu, jaket, tas dan barang lainnya di luar rumah. Lalu setelah masuk rumah jangan langsung melakukan kontak fisik. Ingat kebersihan diri harus diutamakan. Kamu juga tidak boleh langsung menyentuh perabotan rumah kalau belum cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Jangan lupa membersihkan diri agar debu jalanan dan kotoran lain dapat terhindar dari kamu ya. Perlu dicatat lakukanlah protokol kesehatan saat setelah bepergian keluar rumah. Istirahat yang cukup agar tubuhmu tetap fit dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya.

(TOW)

Loading...