Viralkan! Paket Tokopedia Hilang Dicuri Driver Grab

1857

Saya adalah salah seorang penjual di Tokopedia (nama toko Kkkuma Shop). Pada 1 Maret 2018, salah seorang pembeli memesan barang di toko saya dengan layanan kurir Grab Instant (nomor resi 519956669582097). Saya segera memproses pemesanan dan melakukan pickup seperti biasa keesokan harinya (order masuk di atas pukul 16:00, sehingga pickup pun dilakukan keesokan harinya).

Tanggal 2 Maret 2018, driver menghubungi saya melalui Whatsapp dengan nomor yang berbeda ‪(0858878347**‬). Sementara identitas driver pada aplikasi Tokopedia adalah Dwi Hadi Cahyo dengan nomor telepon 0812910221** dan plat nomor F 32** DF.

Driver kemudian datang pukul 09.44 untuk melakukan pickup di kantor saya. Saya tanyakan perihal nomor HP yang berbeda, namun driver menjawab bahwa nomor tersebut hilang. Saya cek platnya juga berbeda. Saya tidak menaruh curiga (atau bahkan mencatat ulang platnya lagi) karena waktu saya cek aplikasi, sudah tertera alamat tujuan yang benar. Selain itu, selama ini saya sudah beberapa kali mendapat driver dengan nomor HP dan plat yang berbeda juga.

Barang pun diantar, dan pukul 10.11 tertera pada aplikasi Tokopedia bahwa barang telah tiba di tujuan dengan nama pembeli sebagai penerimanya. Namun barang itu tidak sampai di pembeli, sehingga saya segera menghubungi driver. Pada telepon pertama, driver menjawab barang sudah dititipkan di security bernama Bambang. Saya hubungi pembeli, namun di kantor (alamat tujuan pengiriman) tidak ada security bernama Bambang, dan sang pembeli sudah mencari barang tersebut ke semua security, namun tidak ada yang menerima barang tersebut.

Saya coba telepon lagi. Namun nomor driver sudah tidak bisa dihubungi lagi. Nomor Whatsapp saya pun di-block (belakangan saya cek nama Whatsapp pada driver tersebut adalah Ahmad Jahanam, bukan Dwi).

Hingga hari ini (18 Maret 2018), walaupun sudah meminta bantuan lewat Pusat Resolusi di Tokopedia, namun tanggapannya sama. Mesti menunggu Grab melakukan investigasi.

Bagaimana ini Tokopedia dan Grab? Mau sampai kapan masalah ini diteruskan?

Heudy Steven
Jakarta Pusat

(mediakonsumen.com/tow)