Ini Tips Go-Jek Agar Go-Send Segera Dikirim

139

Gojek memberikan tips agar layanan Gosend bisa segera diterima pembeli di hari yang sama. Bayu Ramadhan, Head of Marketing for Gobox & Gosend di Gojek menyarankan agar pengguna memerhatikan waktu pemesanan Gosend. Sebab, menurut Bayu layanan antar Gosend memiliki “jam kerja”.

“(Ada) cut off layanan, kayak business hournya. Beda-beda tiap e-commerce, ada yang jam 4, ada yang jam 5. Tapi kalo Sameday, dipesen setengah jam sebelum cutoff (sudah) ngga bisa dikirim,” terangnya.

Untuk itu, Bayu menyarankan agar pengguna segera melakukan pemesanan dan pengiriman sebelum jadwal cut off itu. Hal itu dilakukan untuk menghindari antrian pengantaran yang bisa menyebabkan sehingga barang tak bisa diterima dihari yang sama.

Sebelumnya, layanan Gosend kerap di jagat maya lantaran pengantaran tidak sesuai janji yang diberikan. Sebab, layanan pengiriman barang ini menjanjikan pengiriman barang yang sampai di hari yang sama. Tapi mereka kerap mendapat notifikasi yang tidak sesuai atau barang didapat dihari berbeda.

Selain itu, Gojek juga menyebut bahwa mereka akan memonitor berapa besar lonjakan pemesanan di suatu wilayah dan akan mengarahkan pengemudi ke lokasi terjadinya lonjakan permintaan tersebut.

“Ada tim untuk monitor traffic dan kalau ada lonjakan tertentu diarahkan driver kesana. soalnya kalau untuk (pilihan) Instat (Courier) asal dipesan sebelum jam 4 sore atau jam 5, sampainya pasti di hari yang sama,” ujar Pingkan menjanjikan.

Jika pesanan yang dilempar penjual untuk diantar tidak mendapat driver, Pingkan menyayangkan pihak Gosend memang tidak menampung pesanan itu untuk diambil keesokan harinya. Tapi pesanan itu memang tidak akan diproses.

“Kalau memang ga dapet driver, bukan kita tampung, kita ga terima ordernya,” jelasnya.

Baca: Kabar Gembira, Driver Go-Jek Dapat Subsidi Rumah dari BTN

Saat ini pengemudi Gojek yang melayani pengantaran barang berjumlah 600 ribu pengemudi yang tersebar di 20 kota. Sementara untuk pengantaran Gosend Same Day Delivery yang punya tarif lebih murah, baru tersedia di kawasan Jabodetabek. Pengemudi layanan ini terpisah dari Gosend Instant Courier. Sebab, Gosend menyediakan tim pengemudi khusus untuk layanan Same Day.

Meski banyak dikeluhkan, Pingkan mengklaim kalau layanan Gosend milik mereka disukai oleh para pedagang online. Terutama para pedagang marketplace dimana dana baru disetorkan jika pembeli mengonfirmasi bahwa mereka sudah menerima barang.

“Sejauh ini responnya baik, mereka dapat pembayaran lebih cepet karena barang cepat sampai. Pembayaran makin lancar dan bisnis mereka makin sehat,” tambah Pingkan.

(cnn/tow)