Suara Merdeka Gelar Seminar Bertajuk ‘Peran Gojek dalam Mendorong Perkembangan UMKM di Jawa Tengah.

7

Seminar Prospek Bisnis dan Investasi 2019 yang akan digelar Suara Merdeka Network (SMN) pada Rabu (12/12) mendatang akan menghadirkan Delly Nugraha. Alumni jurusan Manajemen UGM Yogyakarta tersebut kini didapuk oleh founder PT Gojek Indonesia Nadiem Makarim sebagai Vice President yang membawahi wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara.

Kehadiran Delly Nugraha tentu akan memberikan banyak pandangan baru bagi para pelaku bisnis di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang. Dia bakal memaparkan bagaimana Gojek terus bertransformasi membangun bisnisnya dan suka duka dalam membangun performa Gojek yang memang bertumbuh luar biasa.

Tak hanya ekses sosial sebagai akibat perubahan model bisnis tersebut, tetapi bagaimana Gojek Indonesia menjadi trendsetter perubahan yang begitu memengaruhi pasar akibat transformasi yang terjadi.

”Akibat transformasi ini memang konflik sosial seringkali tidak bisa dihindari misalnya konflik dengan tukang ojek konvensional. Banyak permasalahan yang bisa diidentifikasi dari berbagai kasus yang terjadi sepanjang tahun ini termasuk juga dengan pemerintah daerah yang menjadi regulator bisnis berbasis online,” uajr Delly, kemarin.

Delly yang memiliki pengalaman lapangan cukup banyak di bidang teknologi informasi dan seluler itu juga akan mengupas peran Gojek dalam mendorong perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jawa Tengah.

Panitia sendiri menghadirkannya sebagai narasumber dalam forum seminar yang akan berlangsung di Aston Semarang Hotel and Convention Center Jalan MT Haryono karena kiprah sukses Gojek Indonesia dalam bertransformasi menjadi seperti sekarang ini. Kehadiran produk fintech milik Gojek yang sekarang telah menjelma menjadi kasir dalam berbagai transaksi perdagangan misalnya tentu saja menjadi satu hal yang menarik untuk dikupas lebih lanjut.

Seminar ini nantinya juga akan menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono, Kepala DPMPTSP Jateng Prasetyo Aribowo, Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra, Ekonom Undip FX Sugiyanto, Ekonom Faisal Basri.

(suaramerdeka/tow)