Siapkan Pendidikan Berbasis Online, Menristekdikti Kagumi Transportasi Online

81

Untuk meningkatkan pendidikan tinggi bagi masyarakat, Kementerian Ristek dan Dikti akan mengembangkan Pendidikan dengan sistem e-learning. Menteri Ristek dan Dikti Mohamad Nasir menyatakan, akan membuka sistem pendidikan e-learning seluas-luasnya. Baik pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

“Pendidikan sistem e-learning tuntutan pendidikan di era digital,” ujar Mohamad Nasir usai meresmikan gedung Fakultas Teknik di Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (8/1).

Dia menyebutkan, perkembangan teknologi menuntut semua serbacepat dan serbapraktis. Dulu untuk memperoleh transportasi seseorang harus datang ke pool taksi atau transportasi darat lainnya.

Saat ini, kata Nasir, orang cukup menggunakan aplikasi telepon seluler. “Sekarang kita lihat aja Go-Jek, Grabbike atau transportasi berbasis daring,” tuturnya.

Baca: 11 Provinsi Telah Keluarkan Perda Mengatur Angkutan Online

Menurut Nasir, setiap perubahan harus diikuti dengan regulasi baru. Dan itu harus menjadi perhatian pemerintah. “Kami Tengah siapkan regulasi untuk pendidikan berbasis e-learning,” katanya.

Karena, ditegaskan Nasir, negara yang akan menang bukan negara yang memiliki banyak penduduk atau negara yang memiliki luas wilayahnya, tetapi negara yang punya inovasi.

Menurut Nasir, rencana program pembelajaran berbasis online tersebut akan diterapkan pada tahun ajaran baru nanti. “Pendidikan tinggi berbasis online ini bisa diterapkan dengan pendidikan jarak jauh (distance learning),” jelasnya.

(indopos.co.id/tow)