Pemko Pekanbaru Ajak Gojek Kolaborasi Percepatan Smart City Madani

10

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru, mengajak PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan Gojek untuk berkolaborasi dalam percepatan Pekanbaru Smart City yang Madani.

Ajakan itu disampaikan Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Firmansyah Eka Putra saat diskusi dengan Gojek Regional Head of Public and Government Relations Sumatera Muhammad Ruslan, di Command Center Kota Pekanbaru, Rabu (9/10/2019).

Dalam diskusi itu, Diskominfotiksan menawarkan sejumlah kerjasama di bidang pengembangan aplikasi, transportasi dan keuangan. Di bidang aplikasi, Diskominfotiksan menawarkan agar titik-titik halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) dan produk UMKM masyarakat bisa dimasukkan ke dalam aplikasi Gojek. Bidang transportasi, Gojek dapat menjadi feeder TMP karena semua titik-titik halte TMP sudah ada di maps aplikasi Gojek.

Kemudian di bidang keuangan, Diskominfotiksan menawarkan adanya kolaborasi antara Smart Card Madani dengan GoPay untuk sistem pembayaran TMP dan lainnya.

“Tidak hanya itu, kami juga menawarkan agar Gojek membuat Layanan GoSend dan GoFood untuk UMKM yang ada di Pekanbaru,” ujar Eka.

Dikatakan Eka, kolaborasi yang ditawarkan itu akan menguntungkan semua pihak. Bagi Gojek, dengan adanya kerjasama pengembangan aplikasi tersebut bisa meningkatkan keuntungan bagi mitra Gojek.

“Sementara bagi Pemerintah Kota Pekanbaru, kolaborasi ini akan meningkatkan pelayanan publik. Masyarakat juga akan merasakan dampak positif bila kolaborasi ini terlaksana. Jadi kolaborasi yang kita tawarkan saling menguntungkan,” sebut Eka.

Di tempat yang sama, Muhammad Ruslan mengapresiasi dan menyatakan ketertarikan Gojek untuk bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

“Kami berterima kasih karena Pak Kadis menawarkan kerjasama di berbagai bidang ini yang mana produk Gojek nantinya bisa dikolaborasikan dengan produk Pemko Pekanbaru. Selain itu, ┬ákami berharap Pemko dan Diskominfo memberikan kesempatan kepada kami dapat memajukan daerah Kota Pekanbaru melalui teknologi kami,” tutur Ruslan.

(riausky/transonlinewatch)