Menurut Budi Karya Sumadi, Mudik Lebaran Tahun Ini Lebih Baik dari 2017

8

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan arus mudik Lebaran 2018 ini berjalan dengan lancar. Ia menilai mudik Lebaran kali ini lebih baik dari tahun 2017 lalu.

“Berkaiatan dengan apa yang kita saksikan di lapangan, insya Allah arus mudik tahun ini masih lebih baik dari tahun lalu,” kata Budi saat melakukan video konferensi pers dari Tol Cikarang Utama, Rabu (13/6/2018).

Budi mengatakan, waktu yang dibutuhkan para pemudik hingga sampai ke kampung halaman tidak terlalu lama seperti tahun sebelumnya. Untuk sampai ke Semarang, melalui jalur darat hanya membutuhkan waktu 8 jam.

“Jakarta-Solo hanya 9 sampai 12 jam, lebih baik dari tahun lalu,” kata Budi.

Meski demikian, mantan Dirut Angakasa Pura II mengakui, masih ada kekurangan pada arus mudik kali ini. Sebab, masih terjadi kepadatan hingga menyebabkan kemacetan di beberapa lokasi, khususnya di jalan tol.

“Secara umum yang sudah melakukan kegiatan sudah cukup banyak. Apa yang dilakukan oleh Korlantas dan jasa marga memang kebanyakan dengan menggunakan contraflow, dalam satu hari bisa 4-5 kali,” katanya lagi.

Menurut dia, kelancaran arus mudik tahun 2018 tidak terlepas dari peran sejumlah pihak. seperti moda transportasi udara yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Dari matra udara, naik 15 persen dari tahun sebelumnya. Awalnya kita target kenailan empat persen, matra laut juga,” imbuh Budi.

(suara/tow)