Kembangkan UKM, Kemenkop Gandeng Grab

20

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) bekerjasama dengan Grab Indonesia terus berupaya mendorong jutaan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar bisa go online, termasuk untuk bermitra mengembangkan Kios Da­gang Untuk Online (KUDO).

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan untuk mendorong agar se­makin banyak UKM di Indonesia untuk go online dan me­manfaatkan platform berbasis internet untuk memasarkan produk-produk terbaiknya.

“Kami sudah bertemu dengan pimpinan Grab mem­bahas hal ini. Grab memiliki berbagai program selain usaha transportasi di antaranya menjalin kemitraan dengan UKM di Indonesia yang bergerak di berbagai bidang termasuk makanan, minuman, dan toko ritel,” ujar Wajan, Senin (16/4).

Tercatat, sampai saat ini sudah ada sekitar dua juta UKM di Tanah Air yang menjadi mitra Grab. Pihaknya menargetkan angka itu akan terus mengalami kenaikan hingga mencapai delapan juta UKM pada tahun 2019.

Oleh sebab itu, kata Wayan melanjutkan, pihaknya bersama Grab Indonesia akan melakukan roadshow me­nyosialisasikan kepada UKM bagaimana untuk bisa memanfaatkan plat­form online dalam memasarkan produk mereka, sehingga mampu mendongkrak penjualan produknya.

“Untuk UKM ritel, misalnya, Grab sudah berjanji akan mempromosikan produk UKM secara online, bahkan ter­masuk dalam hal pendukungan fasilitas pembayaran be­rupa e-payment yang mempermudah baik produsen mau­pun konsumen,” pungkas Wayan kemudian.

(akurat.co/tow)