Keluhan Pelanggan Transportasi Online Jika Tidak Cepat Ditanggapi Akan Sangat Merugikan

15259

Era internet sungguh memudahkan manusia dalam menjalani aktivitas dan kegiatannya sehari-hari, dari mulai berbelanja, memesan kendaraan, memesan makanan dan lain-lain secara online. Namun, apa yang terjadi jika era internet ini membuat kita terlalu bebas sehingga semua orang bisa mengeluarkan pendapat dan umpatannya via internet juga? Yap, dengan mudah informasi akan tersebar ke siapapun.

Seperti yang sudah berkali-kali terjadi di dunia transportasi online, pelanggan transportasi online yang merasa kecewa akan mengungkapkan kekecewaannya secara online melalui akun sosial media yang mereka miliki.

Sebagian besar dari pelanggan yang mengungkapkan kekecewaannya melalui sosial media mereka, beralasan karena melaporkan langsung ke pihak penyedia aplikasi lambat dalam memberikan tanggapan.

Hal ini membuat pelanggan akan mencari pembenaran, dukungan dari orang-orang yang senasib melalui akun sosial media mereka. Lihat efek samping yang terjadi, kini keluhan pelanggan dengan penyedia aplikasi tidak lagi menjadi privat, semua orang dapat mengetahui permasalahan yang sedang terjadi.

Belum lagi, dalam sosial media apapun, aplikasi jejaring sosial memberikan fitur yang mudah untuk menyebarkan berita. Satu orang yang menyebarkan berita, dapat menarik orang lain untuk melihat berita bahkan ikut menyebarkannya sehingga jumlah penglihat akan bertambah berkali-kali lipat.

Hal ini yang menyebabkan sebuah berita dengan mudah menjadi viral. Ini akan membahayakan bagi penyedia aplikasi transportasi online yang lambat memberikan tanggapan kepada pelanggannya yang mengeluh.

Hal ini membuka peluang bagi penyedia aplikasi transportasi online lain untuk mempromosikan pelayanan mereka kepada pelanggan yang sedang kecewa. Ini sangat menguntungkan, bagaimana tidak? Mempromosikan secara gratis dan langsung tepat sasaran.

Contoh kasusnya seperti pelanggan Grab yang kecewa dan menceritakan keluhannya melalui akun Facebook miliknya. Ia memesan taksi online dengan menggunakan kode promo, namun supir tidak kunjung datang meskipun sudah menerima pesanan pelanggan tersebut. Hal berikutnya yang terjadi sungguh menarik. Keluhan tersebut disamber supir Go-Jek yang rela dan senang hati akan menerima pesanan pelanggan meskipun dengan menggunakan kredit atau diskon sekalipun. Promosi gratisan ini akan semakin sukses apabila didukung pelanggan setia dari kompetitor.

Terbayang berapa orang yang akan melihat promosi ini apabila di-share puluhan bahkan ratusan orang? Inilah yang akan terjadi jika keluhan pelanggan tidak cepat ditanggapi.

(TOW)