Kantor Go-Jek Jogja Ditutup, Driver Kumpulkan Tanda Tangan Agar Tetap Dibuka

34

Penutupan kantor Go-jek regional Jogjakarta di daerah Giwangan, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) membuat para pengemudi ojek online (ojol) kaget. Mereka pun spontan mendatangi kantor yang ditutup sejak Jumat (12/4) kemarin tersebut.

Salah satu pengemudi ojol Anto, 52, mengaku menyambangi kantor Go-jek Jogja lantaran penasaran terkait informasi adanya penutupan kantor. Sesampainya di kantor Go-jek regional Jogjakarta pun diketahui sudah banyak pengemudi ojol lainnya yang datang.

Dirinya pun melihat adanya pengumpulan tanda tangan atau semacam petisi agar kantor perwakilan Go-jek di Jogja tetap dibuka. “Tanda tangan tadi ada nulis nama dan nomor handphone, supaya memang benar diketahui driver,” katanya.

Setidaknya sudah ada lebih dari 1.000 tanda tangan dari para driver motor untuk meminta agar kantor Go-jek di Jogja tetap buka. Namun hingga petang belum ada kepastian dari pihak manajemen.

Penutupan kantor Go-jek di wilayah Jogjakarta sendiri merupakan imbas dari aksi driver taksi online yang diklaim tidak berizin di halaman kantornya. Aksi yang dilakukan pada Selasa (9/4) oleh driver taksi online yang tergabung dalam Front Independen Driver Online Indonesia (FI) melakukan tuntutan berbagai hal.

Yakni pemutakhiran atau pemutihan data akun mitra. Kedua, menghapuskan sistem peringkat dan alokasi order. Ketiga, mengembalikan jumlah poin skema insentif di wilayah DIJ dan Jateng, dan meninjau ulang perjanjian kemitraan yang lebih berazaskan kesetaraan dan keadilan. Dalam aksi yang dilakukan berupa mogok makan oleh 2 pengemudi Ojol yakni Sabar Gimbal dan Andi Kartala.

Michael Say, VP Corporate Affairs GOJEK Indonesia, sebelumnya mengatakan, penutupan kantor Go-Jek perwakilan Jogjakarta dilakukan hingga batas waktu tak ditentukan. “Hal ini penting untuk dilakukan agar kami dapat menjaga suasana tetap kondusif jelang Pilpres dan Pileg mendatang, utamanya di Jogjakarta,” katanya.

Untuk pertanyaan yang akan disampaikan dari mitra di Jogjakarta sementara ini bisa menghubungi driver car unit. Yakni di nomor (021-50233200).

(jawapos.com/tow)