Jokowi: Keberadaan Transportasi Online Memiliki Banyak Manfaat dan Tak Bisa Dihindari

20197

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas mengenai pengaturan transportasi online di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

“Transportasi online merupakan salah satu produk dari perkembangan teknologi informasi yang tidak bisa kita hindari,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, transportasi online sudah mulai dikenal dan diterima publik di beberapa kota dan juga dipandang memiliki manfaat.

Namun dalam situasi transisi ini, pemerintah harus merespons dinamika perubahan yang sangat cepat ini. Terutama di perkotaan.

“Sehingga semuanya bisa menerima dan layanan transportasi bisa mampu memberikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi masyarakat dan bagi penggunanya,” tambah Jokowi.

Baca:

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sebelumnya telah mulai mengatur taksi online melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26 Tahun 2017.

Aturan itu sudah berjalan secara penuh pada Tanggal 1 Juli 2017 lalu.

Dalam rapat itu, Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menyampaikan perkembangan yang terjadi di lapangan.

“Saya persilakan Menteri Perhubungan untuk menyampaikan situasi yang terkini dan terakhir,” kata Jokowi.

Transportasi online masih bermasalah di beberapa kota. Para pengemudi transportasi konvensional masih ada yang menolak.

(kompas/tow)