Harga dan Kenyamanan Jadi Alasan Warga Minati Transportasi Online

59

Kemuncuan transportasi daring tak dapat dipungkiri disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Layanan transportasi daring merupakan salah satu yang diminati masyarakat.

Dalam survei terbaru GfK dalam studi mengenai Crossmedia Link, ada dua alasan utama meningkatnya minat terhadap layanan transportasi daring.

Dalam 14 bulan terakhir atau hingga Juni lalu, pertumbuhannya juga meningkat hingga mencapai 48 persen.

Harga murah dan kenyamanan yang ditawarkan menjadi dua faktor utama pendorong adopsi layanan transportasi daring. Sekitar 61 persen responden menyebutkan layanan transportasi daring dianggap sebanding dengan biaya yang dikeluarkan dan efisiensi menjadi faktor penting lainnya.

“Temuan ini menyoroti sensitivitas harga dan pentingnya memiliki kegiatan pemasaran yang optimal, mencakup promosi dan diskon penjualan untuk membangun pangsa pasar dan preferensi merek,” ungkap Karthik dalam keterangan resmi.

Sementara 58 persen lainnya mengaku mendapat kemudahan dan kenyamanan menggunakan transpotasi daring ketimbang konvensional, karena bisa memesan langsung melalui ponsel.

Mengenai hal ini, direktur regional GfK Asia, Karthik Venkatakrishnan menekankan ponsel pintar menjadi pintu gerbang internet bai lebih dari 80 persen populasi daring di Indonesia.

Baca:

Sekitar 70 persen responden mengaku besaran diskon menjadi penentu utama mereka memilih aplikasi yang akan digunakan untuk perjalanan.

“Setiap harinya permintaan intensif untuk ponsel pintar di Indonesia menunjukkan kemungkinan meningkatnya jumlah konsumen yang memanfaatkan ponsel secara aktif untuk merangkul gaya hidup digital baru mereka,” lanjutnya.

Studi ini juga melayak penggunaan konsumen terhadap tiga aplikasi utama yakni Gojek, Grab, dan Uber. Meski tercatat mengalami tren kenaikan yang konsistem, Gojek tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi disusul Grab dan Uber.

Pengguna Gojek dan Grab tercatat memiliki loyalitas pengguna yang kuat karena kerap memanfaatkan satu aplikasi saja, ketimbang beralih diantara ketiganya.

(cnn/tow)