Cara Gojek Bawa Pengusaha Kecil Naik Kelas

14
Melalui Program Ini, Gojek Mendorong Bisnis UMKM Agar Bisa Mengembangkan Bisnisnya. (Foto: Dream.co.id/Tri Yuniwati Lestari)

PT Gojek Indonesia mendorong pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas. Perusahaan ini meluncurkan program pelatihan bisnis lewat Gojek Wirausaha.

Dengan program ini peserta UMKM akan mendapatkan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis dengan cara masuk ke dunia digital.

“ Kami di Gojek percaya basis UMKM yang besar di tanah air berpotensi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Chief Commercial Expansion Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Catherine menjelaskan masih banyak pengusaha UMKM yang kesulitan masuk pasar digital karena keterbatasan akses pasar dan teknologi. Tantangan lain adalah perilaku para pengusaha UMKM yang merasa sudah nyaman dengan bisnisnya saat ini.

Perusahaan yang dirintis Nadiem Makarim ini bertekad mengajak UMKM keluar dari zona nyaman dan memberikan kesempatan bagi UMKM berkembang dengan teknologi.

“ Lewat pelatihan ini, Gojek menyediakan paket lengkap baik bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul,” kata dia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tahun 2018, 99 persen industri Indonesia ditopang oleh UMKM. Dengan total 62 juta unit yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara, UMKM menjadi solusi dalam menciptakan banyak lapangan kerja

Gandeng Pakar Bisnis

Vice President Public Affair Gojek, Astrid Kusumawardhani, menambahkan program ini akan menghadirkan sejujmlah pakar wirausaha dan UMKM yang telah sukses naik kelas. Dari kerjasama ini diharapkan akan lahir materi pelatihan dan modul tips bisnis yang berguna bagi UMKM.

“ Tahun ini, kami menargetkan 35 ribu pelaku UMKM di 25 kota di Indonesia bisa ikut dalam pelatihan Gojek Wirausaha dan meningkatkan skala bisnis,” kata dia.

Setelah pelatihan, peserta UMKM dapat mendaftarkan usahanya ke dalam platform Go-Food, Go-Pay, serta Arisan Mapan. Hal ini menjadi nilai tambah agar para pelaku UMKM bisa langsung memasarkan, menjual, dan mengembangkan usahanya secara digital.

Chief Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho, mengatakan inovasi Gojek ini sejalan dengan upaya pemerintah memajukan bisnis UMKM. “ Kami, saat ini, semangat melihat keaktifan pemerintah Indonesia melalui berbagai kementerian dan lembaga dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM,” kata Shinto.

Dream.Co.Id