Bekuk 2 Jambret, Driver Gojek Diangkat Jadi Anggota Linmas Surabaya

23

Aksi heroik Didik Suyono, seorang driver ojek online yang menangkap dua jambret di Surabaya akhirnya berbuah manis. Setelah aksinya viral di media sosial (medsos) Facebook, Didik akhirnya mendapat kesempatan menjadi anggota Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Surabaya kepada masyarakat yang telah berani menangkap jambret atau penjahat jalanan. Sehingga kami tadi memanggil mas Didik untuk saya potret dan kami tes dulu apakah memenuhi syarat atau tidak menjadi anggota Linmas,” kata Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto, Senin (22/4/2019) malam.

Menurut Eddy, tes yang harus dijalani oleh Didik, sang Driver Gojek ini di antaranya tes kesehatan serta penelusuran latar belakang Didik.

“Tes nanti paling tiga hari atau satu minggu lah. Saat ini kita telusuri nanti kita laporkan ibu (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini). Menurut penuturan dari Didik itu anaknya dua, istrinya pun tidak bekerja, jadi nanti setelah kita mendapatkan data akan kita laporkan ke Ibu,” tambahnya.

Sementara itu, Didik saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya telah dipanggil untuk datang ke Kantor BPB Linmas di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Surabaya pada Senin (22/4/2019) sekitar pukul 10.45 Wib.

“Ya memang tadi saya dipanggil untuk ke Kantor Linmas Surabaya. Tadi ditanyai apakah mau menjadi Linmas atau cuma diberi penghargaan saja. Ya otomatis saya memilih mau menjadi Linmas karena penghasilannya sudah pasti tiap bulannya untuk kebutuhan keluarga,” jelas pria asal Jalan Dinoyo Tenun No. 109, Tegalsari, Surabaya ini.

Didik mengatakan saat itu dia langsung diberikan satu stel seragan Linmas lengkap beserta sepatunya.

“Kata Bapak Kepala Linmas, besok bisa langsung bekerja tapi masih dalam tahap tes,” akunya.

Tidak hanya Pemkot Surabaya saja yang mengapresiasi keberanian Didik melawan jambret. Polrestabes Surabaya melalui Polsek Tegalsari juga berencana memberikan penghargaan kepada Didik pada Rabu (24/4/2019).

Nama Didik mengemuka setelah aksi heroiknya menggagalkan kejahatan dua jambret di Jalan Dr Soetomo Surabaya. Aksi Didik viral di Facebook sejak Minggu (21/4) sekitar pukul 12.00 Wib.

Ia terpaksa menurunkan penumpangnya saat mengetahui aksi penjambretan yang dilakukan oleh dua jambret tersebut. Ia kemudian mengejar kedua pelaku hingga kedua pelaku berhasil ditangkap di Jalan Pandigiling, Surabaya dibantu warga sekitar.

(jatimnow/tow)